10 May 2022, 12:05 WIB

Selama Libur Lebaran 2022 Sektor Wisata Pangandaran Raih Rp5 Miliar


Adi Kristiadi |

RATUSAN ribu wisatawan selama momen libur lebaran 2022 yang mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Khususnya dari sektor wisata mencapai Rp5 miliar termasuk pajak hotel maupun restoran senilai Rp 1,3 miliar.

Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, momen libur lebaran tahun ini ada sekitar 665 ribu wisatawan datang berlibur ke sejumlah destinasi wisata seperti Pantai Pangandaran, Batuhiu, Green Canyon, pantai Batukaras, Karang Nini, Citumang dan tempat wisata lainnya. Para pengunjung yang datang dari berbagai daerah ini, mendongkrak PAD sebesar Rp5 miliar.

"Selama 2 tahun ke belakang pendapatan asli daerah kita mengalami mati suri dan momen libur lebaran tahun ini bisa mendongkrak PAD dari 665 ribu wisatawan yang datang jika saja satu orang wisatawan mengeluarkan uang Rp100 ribu saja maka akan terkumpul Rp 600 miliar berputar di masyarakat. Imbasnua sangat besar bagi ekonomi di Pangandaran dan tidak semua daerah memiliki potensi," katanya, melalui keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Jeje mengatakan, sektor wisata ini tidak melulu soal PAD tapi ada yang lebih besar lagi yaitu perputaran uang dari wisatawan. Ini yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi wisata sebesar Rp5 miliar telah mendongkrak PAD selama 2 tahun. Belum lagi dari pajak hotel dan restoran selama libur lebaran sebanyak Rp 1,3 miliar. Pada lebaran tahun ini, bersyukur kondisi di Pangandaran berjalan aman termasuk tidak ada korban tenggelam dan laka lainnya," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemprov DKI Pantau Kenaikan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran

BERITA TERKAIT