08 May 2022, 16:09 WIB

Destinasi Wisata Cantik di Wilayah Terisolir


Fransiskus Gerardus |

KABUPATEN Flores Timur, NTT, layak dinobatkan menjadi salah satu daerah yang kaya akan spot wisata, salah satunya di Pasir Putih Dusun Likotuden, Desa Kawalelo, Kecamatan Demon Pagong.

Bagi pecinta wisata pantai, Pasir Putih Kawalelo bisa jadi rekomendasi utama saat menikmati akhir pekan ataupun hari libur. Di sini, pengunjung dapat menikmati embusan angin sejuk. Warna laut biru dan jernih.

Dari bibir pantai, tampak terlihat gulungan ombak kecil tampak menari. Tak hanya menyajikan keasrian alam serta permukaan air laut yang tenang dengan onggokan batuan hitam menambah kemolekan pantai. Meski indah, pantai itu tak pernah dijamah pengunjung lantaran akses jalan rusak parah bertahun-tahun.

Sementara itu, salah seorang warga, Siprianus, mengatakan, akses jalan memang sudah dibuka sejak tahun 2003 masa Bupati Felix Fernandez kini tak diurus lagi.

"Inilah satu-satunya akses jalan menuju ke destinasi pantai serta ke lahan pertanian sorgum kami pak, kami  harus melewati simak belukar," ujar Siprianus.

Baca juga: Jelang Lebaran, Pasar Tani Kementan di NTT Laris diserbu Warga

Dari Dusun Likotuden, pengunjung harus berjalan kaki lebih dari 300 meter. Sebab, belum ada akses untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Jalannya memang sudah ada, tetapi pemerintah tidak memperhatikan maka tertutup kembali. Jadi, harapannya pemerintah harus memperhatikan lokasi ini,” ujarnya, Minggu (8/5).

Ia menambahkan, selain menarik wisatawan, petani sorgum di sana juga merindukan akses jalan hotmix untuk melancarkan mobilisasi hasil pertanian.(OL-5)

BERITA TERKAIT