04 May 2022, 17:20 WIB

Taman Balekambang dan TSTJ Dipadati Pelancong, Kapolresta Surakarta Ingatkan Prokes


Widjadjadi |

KECERIAAN yang membuncah mewarnai Gebyar Bakda di Taman Balekambang. Ribuan pengunjung yang sedang menikmari liburan Lebaran 2022, terus memenuhi ruang kegiatan belanja, hiburan, dan permainan di taman legendaris peninggalan Mangkunegara VII, sejak lebaran pertama hingga ketiga, Rabu (4/5). 
  
Hal yang sama juga berlangsung di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang mulai tahun depan sudah berubah nama menjadi Bengawan Solo Park. Ada yang ditunggu dalam tradisi bakdan di taman konservasi yang ada di pinggir sungai Bengawan Solo itu, yakni prosesi Larung Ketupat oleh peraga tokoh Joko Tingkir. 
  
Di dua destinasi wisata andalan Kota Solo itu, ribuan pelancong lokal begitu menikmati banyak hiburan tari, reog, melihat berbagai satwa yang ada, wahana air dengan berperahu dan juga mengunjungi stan belanja oleh oleh atau produksi kreatif UMKM Solo. 
  
Sulastri, warga Sukoharjo yang datang bersama dua anak, suami dan dua saudara, nampak begitu bergembira, bisa refreshing murah tanoa bayar, namun berkualitas di Taman Balekambang. "Ini sungguh Lebaran yang membahagiakan, karena bisa mudik, dan di sela silaturahmi bisa datang ke taman balekambang yang  menyejukkan, penuh dengan hiburan, wahana air, dan anak anak bisa memberikan makan hewan rusa," tukas perempuan bakul jamu asal Sukoharjo yang boro di Jakarta ini. 
  
Gebyar Bakdan ing Balekambang tahun inu sungguh memenuhi hasrat ribuan pelancong, yang tertunda liburan lebarannya, ksrena pandemi Covid-19 yang mengganas pada 2020 dan 2021. "Ini betul betul terbayar lunas. Setelah dua tahun tidak bisa lebaran karena pandemi, kini semua bisa dinikmati, murah dan berkualitas lagi. Di Solo kita bisa menikmati suara artis ibu kota," timpal Sudibyo, bakul bakso boro asal Wonogiri yang datang ke Solo bersama anak dan isteri. 
  
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak sangat mewanti-wanti kepada panitia di Taman Balekambang maupun TSTJ, agar tetap mengingatkan pengunjung, akan pentingnya prokes selama penerimaan pelancong yang berwisata pada Lebaran 2022. 
  
"Terus saya ingatkan, karena dalam pantauan kami bersama Satgas Operasi Ketupat Candi 2022, masih ada pengunjung yang tidak bermasker. Kita terus lakukan selama pemantauan, agar situasi mudik aman dan mudik sehat benar benar tercipta," kata dia ketika melakukan pemantauan di dua lokasi wisata andalan Kota Solo itu. 
  
Begitu halnya, karena dua tempat wisata tersebut menampilkan wisata air dengan berperahu, maka pelampung harus disediakan. "Saya ingatkan, karena tadi pengunjung tidak menggunakan pelampung saat akan berperahu," imbuh Ade. 
  
Dalam gelar Gebyar Bakdan ing Taman Balekambang rencananya berlangsung mulai pada 2-8 Mei 2022, dan tanpa pungutan biaya, alias gratis. Pada kegiatan sepekan ini, panitia menghadirkan sejumlah artis ibu kota seperti Ardha Tatu, Frida KDI, dan juga  Rima D'academy.  
  
"Event gebyar bakdan ini gratis bagi wisawatan. Syaratnya cuma cukup scan QR aplikasi PeduliLindungi saja. Termasuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes),'' jelas Panitia Gebyar Bakdan Ing Balekambang, Novia W. (WJ/OL-10) 

BERITA TERKAIT