04 May 2022, 20:05 WIB

TPST Suwung Denpasar Siap Dibangun


Ruta Suryana |

GUNA memastikan persiapan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Tahura Suwung, Denpasar Selatan, Sekretaris 
Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana melakukan peninjauan  lokasi, Rabu (4/5).

''Pemantuan ini sebagai lanjutan dari pemantuan pada 22 April lalu. Saat ini sudah tidak ada aktivitas pemulung di lahan yang akan dibangun, dan dalam waktu dekat pembersihan akan dilakukan untuk persiapan ground breaking,'' ujar Alit Wiradana. Pembangunan TPST ini untuk mengantisipasi rencana penutupan TPA Suwung yang sudah nyaris penuh.

Tahun ini Pemkot Denpasar akan membangun tiga TPST yang berlokasi di Desa Kesiman Kertalangu, Desa Padangsambian Kaja, dan Tahura Suwung. ''Dengan dibangunnya 3 TPST serta TPS3R di beberapa desa dan kelurahan, mudah-mudahan permasalahan sampah di Kota Denpasar dapat tertangani dengan baik. Apalagi menjelang  dilaksanakan Presidensi G-20 di Bali, sehingga pengolahan sampah ini harus menjadi perhatian penting bersama,'' kata Wiradana.

Menurut Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa, pembangunan fisik TPST ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. Sementara pengelolaannya akan dilakukan oleh Pemkot Denpasar melalui APBD. Sesuai rencana pada 9 Mei akan mulai dilakukan ground breaking. (RS/OL-10)
 

BERITA TERKAIT