03 May 2022, 18:48 WIB

H+1 Lebaran, Pantai Palabuhanratu Dipadati Pengunjung


Benny Bastiandy |

JUMLAH wisatawan ke kawasan Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai terpantau meningkat pada H+1 Idul Fitri 1443 Hijriyah, Selasa (3/5). Dibanding kurun dua tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah kunjungan hampir 50%.

Kepala Pendidikan dan Pelatihan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Jawa Barat, Asep Edom Saepulloh, mengatakan hasil pemantauan dan pengawasan di sepanjang pesisir pantai Palabuhanratu, pada hari kedua Lebaran mulai meningkat. Pemantauan dan pengawasan di Pos Balawista dilakukan mulai dari kawasan pantai di Kecamatan Cisolok hingga ke Kecamatan Surade.

"Memang ada peningkatan dibanding dua kali Lebaran sebelumnya. Kalau sebelumnya kan masih banyak pengetatan karena dampak pandemi covid-19," kata Asep, Selasa (3/5).

Ia menyebut hingga beberapa hari ke depan kunjungan wisatawan diprediksi akan terus bertambah. Terutama pada akhir pekan nanti lantaran merupakan terakhir libur Idul Fitri 1443 Hijriyah.

"Kemungkinan besok juga wisatawan akan terus bertambah. Hingga pukul 15.30 WIB tadi, terjadi kemacetan di titik Bagbagan dan menuju ke pusat Palabuhanratu," terangnya.

Aparat kepolisian mengatur arus masuk dan keluar kendaraan. Sebab, kata Asep, kalau tak dilakukan rekayasa, kendaraan akan semakin menumpuk. "Setiap sepuluh menit diatur masuk dan keluar kendaraan menuju ke Palabuhanratu," tegas Asep.

Ia menuturkan pada faktor keamanan sejauh ini masih aman dan terkendali. Tidak terjadi insiden yang menonjol. "Alhamdulillah tidak terjadi insiden yang menonjol pada hari kedua Lebaran," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT