29 April 2022, 09:09 WIB

Bupati Simalungun dan Plt Wali Kota Pematangsiantar Bahas Antisipasi Macet Jelang Lebaran


Apul Iskandar | Nusantara

GUNA mengantisipasi kemacetan lalu lintas dalam menyambut Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama Kapolres Simalungun, Dandim 0207/Sml melakukan berbagai persiapan dengan menggelar rapat koordinasi (rakor) kemudian dilanjutkan dengan meninjau titik-titik jalan longsor sepanjang jalan penghubung Kota Pematangsiantar -Parapat, Sumatra Utara. 

"Pengalihan arus di simpang dua harus lebih serius. Karena di lokasi tersebut sering terjadi kemacetan di saat hari-hari besar tiba,” kata Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga di Aula Kantor Wali Kota Pematangsiantar saat menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Membahas Teknik Rekayasa Lalu Lintas jelang Idul Fitri, Kamis (28/4). 

Radiapoh mengungkapkan titik kemacetan yang kerap terjadi biasanya antara jalan penghubung Pematangsiantar – Medan. Seperti di sekitar Sigagak karena adanya SPBU dan banyak kenderaan mengisi bahan bakar minyak (BBM) mengular mengantre. 

“Ini harus kita atur, baik dari arah Medan menuju Siantar maupun dari arah Siantar menuju Medan. Kendaraan menuju Medan yang bisa mengisi BBM di Sigagak dan kendaraan menuju Siantar diarahkan mengisi BBM di SPBU depan RS.Horas Insani,” benernya. 

Selanjutnya, Bupati Radiapoh menyampaikan bahwa Kota Pematangsiantar merupakan tumpahan kemacetan arus lalulintas dari berbagai wilayah. “Kita telah memberikan masukan kepada bapak Luhut Binsar Panjaitan agar di Simpang Dua dibuatkan flyover guna mengurai arus lalu lintas,” usulnya. 

“Diperkirakan arus mudik tahun 2022 ini melonjak drastis, karena sudah dua tahun tidak mudik lebaran, dan bukan hanya umat muslim yang liburan akan tetapi nonmuslim juga liburan dan mudik,” tambahnya. 

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani mengharapkan,  terkait seringnya terjadi kemacetan di Simpang Dua apalagi menjelang Idul Fitri, pihaknya telah melakukan pendekatan kepada pemilik rumah yang berada di Simpang Dua agar bisa dihibahkan guna pelebaran jalan dalam rangka antisipasi kemacetan.

Di samping itu kepada pengguna jalan, Susanti mengimbau untuk tidak memarkir kenderaannya di Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka dengan berlapis, terutama parkir di Pajak Horas apalagi sampai memakan bahu jalan.  "Kita akan mengaktifkan kembali terminal antar desa,” ujarnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT