28 April 2022, 13:20 WIB

Sampah Meningkat Selama Lebaran Petugas Lembur saat Takbiran


Tosiani |

PRODUKSI sampah di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diprediksi akan meningkat dua kali lipat lebih banyak selama masa libur lebaran pekan depan. Masyarakat diminta bijak mengelola sampah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana, mengatakan, kisaran satu juta pemudik yang bakal masuk willayah itu juga diperkirakan akan membuat sampah yang dihasilkan meningkat.

"Selain ktu, aktivitas warga juga meningkat, sehingga memicu peningkatan prooduksi sampah,"katanya, Kamis (28/4).

Ia menyebutkan, rata-rata volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah (TPA) mencapai 120 ton per hari pada hari biasa. Jumlah itu diprediksi meningkat hingga mencapai 200 hingga 230 ton per hari pada saat libur lebaran.

Ia memperkirakan, peningkatan volume sampah bakal terjadi tepat ketika memasuki hari pertama cuti bersama Jumat (29/4/2022). Puncaknya, terjadi saat Lebaran berlangsung dan tiga sampai empat hari setelahnya.

Atas prediksi itu, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana, sekaligus petugas agar lonjakan sampah pada saat Lebaran bisa tertangani dengan baik. Sediikitnya ada 112 personil dan 30 armada sampah beroperasi saat libur Lebaran.

"Petugas kebersihan mulai dari tenaga angkut, tenaga kebersihan dan tim pemrosesan sampah di TPA akan bekerja lembur di malam takbiran. Jam bekerja petugas akan diajukan, jadi mereka akan bekerja di tengah malam, sehingga saat Shalat Ied kondisinya sudah bersih," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Pemberantasan Preman, Polisi Tembak Dua Warga Medan Sunggal

BERITA TERKAIT