28 April 2022, 11:37 WIB

Pemkab Dairi Kembali Raih Penghargaan WTP untuk Kedelapan Kalinya


Apul Iskandar |

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Dairi, Sumatra Utara (Sumut) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatra Utara atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan daerah tahun 2021.

Prestasi ini merupakan yang kedelapan kalinya diraih oleh Pemkab Dairi. Penyerahan WTP ke-8 ini dilakukan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan dan diterima langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Gedung BPK Sumut, Rabu (27/4).

Bupati Eddy Berutu menyampaikan ucapan terimakasih dan ucapan syukur kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 sehingga diperoleh predikat WTP yang kedelapan kalinya. 

“Izinkan saya atas nama Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu bersama seluruh jajaran mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada kepada BPK Perwakilan Sumut beserta seluruh jajaran yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Dairi dengan memberikan opini WTP ke 8. Terima kasih. Kami sangat bangga dengan bisa dipertanggungjawabkan anggaran,” kata Eddy Berutu. 

Menurutnya, BPK Perwakilan Sumut sangat baik dan cermat dalam menjalankan fungsinya, bukan hanya memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah. Tapi juga memeriksa kinerja efektivitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

“Namun kami menyadari tentu masih terdapat kekurangan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah. Namun kami yakin tahun depan akan diperbaiki,” ujarnya.

Untuk mewujudkan program Dairi Unggul, Eddy mengungkapkan akan berupaya semaksimal mungkin dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Dairi. “Semua ini untuk mewujudkan program Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman. Pemerintah berusaha melaksanakan anggaran dengan baik termasuk penanganan wabah pandemi Covid 19 dengan mengalokasikan anggaran untuk penanganan ke sosial dan masyarakat,” pungkasnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT