27 April 2022, 18:18 WIB

Bupati Bogor Ditangkap KPK, Kang Emil: Saya Sangat Prihatin


Benny Bastiandy |

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku kaget mendapati informasi operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Bupati Bogor, Ade Yasin, Rabu (27/4) pagi. Namun Ridwan Kamil belum mengetahui persis perkara yang menjerat orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu.

"Saya juga sangat kaget, terus terang. Tadi pagi baca berita ada OTT KPK. Tapi belum tahu perkaranya apa. Saya sangat prihatin," terang Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat konferensi pers seusai memantau dan menyapa para petugas pengamanan gabungan dan pemudik di kawasan Bundaran Tugu Lampu Gentur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/4).

Emil mengaku berkali-kali menegaskan kepada semua kepala daerah di Jawa Barat agar bisa memahami makna memimpin. Bagi Emil, ada tiga hal yang harus diperhatikan pemimpin. "Memimpin itu dasarnya ada tiga yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional," tegas Emil.

Tiga kompenen yang menjadi dasar memimpin itu menjadi satu kesatuan. Artinya, kalau ada satu saja komponen yang rusak, maka akan terjadi ketidakseimbangan. "Kalau salah satu integritasnya patah seperti ini, tentu sangat memprihatinkan," jelasnya.

Emil mengaku akan terus memantau perkembangan pasca-OTT Bupati Bogor. Ia pun mendukung penuh upaya-upaya penegakan hukum yang dilakukan berbagai instansi negara yang berkompeten pada masing-masing bidang.

"Mau aparatur kejaksaan, kepolisian, maupun KPK dalam menegakan dan memberantas KKN ataupun korupsi di Jawa Barat, kami mendukungnya," tegas Emil.
 
Emil juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Wakil Bupati Bogor via telepon agar segera mengambil alih koordinasi dan kepemimpinan teknis. Minimalnya menghadapi arus mudik Idulfitri 1443 Hijriyah, manajemen arus lalu lintas kendaraan bisa kondusif. "Termasuk nanti arus balik Lebaran," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT