27 April 2022, 10:55 WIB

RTP Pantai Bebas Parapat Berbenah Jelang Libur Lebaran 1443 H


Apul Iskandar |

MENYONGSONG libur Idul Fitri 1443 H di kota wisata kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Polsek Parapat menyiapkan 72 personil untuk pengamanan dan penataan area parkir bagi wisatawan.

"Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan vaksin jika ada masyarakat yang belum melaksanakan vaksin. Kami juga akan arahkan vaksin disini, dan juga menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik jika mereka tidak dapat trasportasi atau kemalaman," kata Kapolsek Parapat AKP J Silalahi Silalahi, kemarin.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau Pos Pelayanan RTP Pantai Bebas Parapat, dia mengatakan untuk mengurai kemacetan di kota Parapat akan mewacanakan pengunaan bus angkutan untuk mengantar jemput wisatawan yang akan berkunjung di sekitar kawasan Kota Parapat.

Dalam kesempatan tersebut, Radiapoh bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, Syahriel Tansier menandatangani serah terima pengelolaan kawasan RTP Pantai Bebas Parapat. Pemerintah Simalungun akan di beri mandat dalam pengelolaan Pantai Bebas Parapat.

Ketika berada di RTP Pantai Bebas Parapat, Radipoh sangat prihatin melihat beberapa kerusakan fasilitas yang ada di RTP tersebut termasuk beberapa lampu yang menghiasi tempat itu hilang serta banyaknya sampah berserakan.

Dia berharap kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di RTP agar lebih bermanfaat bagi masyarakat terutama para tamu yang berkunjung dalam menikmati keindahan Danau Toba.

"Ini menjadi perhatian kita, untuk sama-sama kita menjaga tempat ini. Mari kita jaga kebersihannya, dan Pemerintah Simalungun akan menurunkan timnya untuk menjaga ini, sebelum nantinya setelah lebaran serahterima itu di berikan kepada Pemkab Simalungun," ajak Radiapoh

Menurutnya, jika fasiltas tersebut terawat dan terjaga dengan baik nantinya akan banyak multiplayer efeknya bagi Pariwisata di Kota Parapat, yang pada gilirannya akan banyak wisatawan yang mau mampir untuk melihat indahnya view Danau Toba.

"Restoran akan terisi oleh pengujung dan lain sebagainya. Hal ini juga akan mendongkrak  ekonomi masyarakat, meningkatnya pendapatan daerah," ujarnya.

Kemudian, dia juga mengimbau masyarakat dan para pedagang untuk tidak melakukan aktifitas jual beli di lokasi RTP. "Kita sudah berkomunikasi intens dengan pihak PTPN-II untuk memberikan ruang untuk masyarakat kita para Pedagang. Artinya Pemerintah juga tidak akan diam untuk ini kita akan relokasi ini untuk para pedagang," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Jutaan Petasan Siap Ramaikan Takbiran Digagalkan Polresta Tasikmalaya

BERITA TERKAIT