26 April 2022, 22:04 WIB

Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Alami Kenaikan


Lilik Darmawan | Nusantara

SEPEKAN menjelang Lebaran, harga-harga kebutuhan pokok di Purwokerto, Jawa Tengah, mengalami lonjakan. Di antaranya adalah daging sapi, daging ayam dan beberapa jenis sayuran.

Harga daging ayam melonjak cukup signifikan sama seperti harga daging  sapi. Harga daging ayam kini mencapai Rp40 ribu dari sebelumnya Rp36 ribu.

"Kalau harga daging sapi melonjak tinggi mencapai Rp20 ribu dari sebelumnya Rp130 ribu menjadi Rp150 ribu per kg," jelas Rahmat, salah seorang pedagang di Pasar Manis, Purwokerto.

Rahmat memprediksi, kenaikan daging sapi dan ayam akan terus mengalami lonjakan sampai Idul Fitri mendatang. "Sebab, biasanya permintaan sangat tinggi baik untuk daging sapi maupun ayam. Pada saat Lebaran, biasanya kebutuhan daging mengalami peningkatan. Sehingga harganya juga akan naik," kata dia.

Selain daging, sejumlah sayuran juga naik harga di antaranya adalah cabai merah. Saat ini cabai merah mengalami kenaikan dari semua Rp26 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg.

"Cabai merah mulai mengalami kenaikan. Padahal pekan lalu masih Rp26 ribu, kini menjadi Rp40 ribu.Mungkin saja harga akan naik terus," kata Kustini, pedagang di Pasar Wage, Purwokerto. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT