26 April 2022, 16:30 WIB

10 Pabrik CPO di Kabupaten Mukomuko Tutup Jelang Lebaran


Marliansyah |

PABRIK crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tutup mulai pada Kamis (28/4) mendatang. Karenanya, pabrik CPO tersebut tidak membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani menjelang Lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, di Bengkulu mengatakan sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang ada di Kabupaten Mukomuko, mulai tutup. Satu pabrik di antara mereka tutup mulai Kamis (28/4) mendatang. "Satu dari 100 pabrik CPO tutup selama 10 hari karena libur Lebaran yaitu PT Sapta Sentosa Jaya Abadi," katanya.

Lima dari 10 pabrik minyak kelapa sawit, lanjut dia, seperti PT Karya Sawitindo Mas, PT Mukomuko Indah Lestari, PT Karya Agro Sawitindo, PT Daria Dharma Pratama, dan PT Gajah Sakti Sawit mulai tutup pada Jumat (29/4). Empat pabrik sawit lain, yakni PT Usaha Sawit Mandiri, PT Surya Andalan Primatama, PT Bumi Mentari Karya, dan PT Sentosa Sejahtera Sejati mulai tutup pada Sabtu (30/4).

Tiga dari 10 pabrik minyak kelapa sawit ini kembali buka dan menerima pembelian TBS kelapa sawit milik petani di daerah itu terhitung mulai pada Kamis (5/5). Enam dari 10 pabrik minyak kelapa sawit kembali buka dan menerima pembelian TBS kelapa sawit pada Sabtu (7/5).

"Petani telah diingatkan dan disaranlan agar segera menjual hasil panen TBS sebelum pabrik CPO tersebut berhenti beroperasi menjelang Lebaran," tegasnya. Petani saat ini, kata dia, masih punya kesempatan beberapa hari ke depan untuk menjual kelapa sawit ke pabrik CPO. (OL-14)

BERITA TERKAIT