24 April 2022, 13:50 WIB

Ribuan Pemudik Berdatangan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang


Akhmad Safuan |

RIBUAN pemudik dari beberapa daerah di Kalimantan mulai tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah. Diprediksi pada musim lebaran tahun ini jumlah pemudik menggunakan angkutan laut mencapai 80 ribu orang akan turun di pelabuhan ini.

Pemantauan Media Indonesia, Minggu (24/4), sejak dini Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai dipadati pemudik lebaran yang mulai berdatangan. Ada tiga kapal penyeberangan antarpulau yang menurunkan satu per satu ribuan penumpang berasal dari beberapa daerah di Kalimantan.

Ribuan pemudik dengan tujuan berbagai daerah di Jawa Tengah tersebut turun dari kapal laut diangkut seperti KM Awu, KM Kalimutu, dan KM Dharma Rucitra 9. Rata-rata mereka membawa banyak barang dan langsung menuju terminal pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing.

"Ada 2.630 orang pemudik yang datang hari ini diangkut menggunakan tiga kapal dari daerah Kalimantan seperti Kumai, Ketapang, Pontianak, dan Sampit," kata Pelaksana Harian KSOP Tanjung Emas Semarang Mashudi Rofik. Jumlah pemudik lebaran menggunakan moda angkutan laut turun di Tanjung Emas, demikian Mashudi Rofik, diperkirakan semakin meningkat hingga H-1 lebaran mendatang.

Ia memperkirakan jumlah pemudik yang akan datang di pelabuhan ini mencapai 80 ribu orang. Guna memenuhi kebutuhan angkutan mudik, lanjut Mashudi Rofik, selain belasan armada kapal dipersiapkan, ada juga sarana prasarana pendukung di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, seperti pengaturan kapal sandar, terminal dan ruang istirahat penumpang, klinik kesehatan, hingga armada angkutan terusan ke berbagai jurusan di Jawa Tengah.

Baca juga: Kerinduan Warga Desa Watotutu pada Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Terjawab

Seluruh kapal pengangkut pemudik lebaran dari tiga operator yakni PT Pelni, PT Dharma Lautan Utama, dan PT Atosim Lampung Pelayanan dilakukan pengecekan sehingga siap untuk berlayar. "Seluruh armada kapal sudah siap dan telah dilakukan pengecekan ulang," imbuhnya.

Selain kapal reguler, ungkap Mashudi Rofik, angkutan kapal gratis untuk pemudik dari Jakarta juga dijadwalkan pada Rabu (27/4). Dalam hal ini terdapat dua kapal penumpang berkapasitas 5.000 orang dan 1.200 sepeda motor. (OL-14)

BERITA TERKAIT