23 April 2022, 06:05 WIB

850 Personel Gabungan Amankan Idul Fitri di Simalungun


Apul Iskandar |

SEBANYAK 850 personel gabungan akan diturunkan dalam pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 dalam Operasi Ketupat Toba. Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bertindak sebagai pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Ketupat Toba 2022'.

Pada pelaksanaan apel tersebut, Bupati Radiapoh didampingi oleh Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedi Arifiato, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Sohuoka saat melakukan pemeriksaan barisan peserta apel yang terdiri unsur Polri, TNI, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpolpp, Bankom Raya, dan Pramuka.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa pemerintah pusat sudah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melakukan mudik. Tidak ada lagi penyekatan yang kita lakukan. Jadi kemungkinan tahun ini akan ada lonjakan pemudik,” kata Radiapoh di lapangan Koramil 08 Bangun Jln Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Jumat, (22/4). 

Dalam kesempatan itu Radiapoh mengimbau masyarakat terutama pengguna jalan agar hati-hati ketika melintasi ruas jalan yang rusak. ''Di mana yang kita tahu, Simalungun saat ini masih dalam keadaan memperihatinkan untuk sarana jalan. Ada beberapa titik ruas jalan yang rusak dan longsor, khususnya jalan lintas Pematang Siantar menuju Parapat, untuk itu kami imbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintasinya,” ucap Radiapoh. 

Untuk mengatasi kerusakan dan longsornya badan jalan, Radiapoh menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian PUPR agar segera di tindak lanjuti kerusakan jalan di Simalungun terutama jalan-jalan strategis sebelum lebaran. ''Dan ketika hari libur Idul Fitri, jalan ini kita harapkan sudah bisa di lalui,” pungkasnya.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, demikian juga dengan para petugas agar tetap menjaga kesehatan sehingga dapat optimal di saat menjalankan tugasnya.
 
Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedi Arifianto menjelaskan bahwa akan ada sekitar 850 personel gabungan yang diturunkan dalam Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 ini yang meliputi fase perjalanan, ibadah dan tempat pariwisata.
 
“Kita akan mendirikan 7 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan. Pos pelayanan kita akan pusatkan di daerah pariwisata yaitu Parapat. Kami juga akan melakukan pengaman di wilayah pelabuhan Tigaras yang merupakan wilayah Kabupaten Simalungun,” terang Nicolas. 

Untuk mengantisipasi kemacetan, Kapolres Nicolas memaparkan bahwa pihaknya akan melakukan sistem buka tutup jika dimungkinkan melihat volume kendaraan saat hari libur lebaran. 

Di kesempatan tersebut, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Sohuoka menyampaikan bawah pihaknya juga ikut melakukan beberapa langka pengamanan, dan menerjunkan personel untuk membatu pengamanan jelang Idul Fitri. “Kami sudah sampaikan kepada seluruh Koramil di Simalungun untuk terlibat dalam penanganan pengamanan jelang Idul Fitri,” katanya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT