21 April 2022, 15:23 WIB

Pemerintah Dorong Peningkatan Produksi Bandeng di Gresik


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendukung peningkatan hasil panen bandeng di Kampung Budidaya Bandeng di Dusun Sumber Suci, Desa Pangkahwetan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Secara keseluruhan, produksi bandeng di wilayah Gresik tercatat lebih dari 87 ribu ton per tahun, atau setara Rp1,4 triliun.

"Kita harus perkuat komoditas andalan di sini, yaitu ikan bandeng. Targetnya, kuantitas area tidak boleh berkurang dan harus bertambah,“ ujar Trenggono dalam keterangan resmi, Kamis (21/4).

Baca juga: Nelayan Gresik Sulit Dapat Solar, Presiden: Buatkan SPBU Khusus

Dia menjelaskan bahwa kampung budidaya bandeng dijalankan tujuh kelompok pembudidaya ikan (pokdakan), dengan luas lahan budidaya mencapai 2.465 hektare. Produksi bandeng per tahun berkisar 6.900 ton dengan metode budidaya tradisional dan tradisional plus.

“Kampung budidaya ini menjadi salah satu contoh kampung budidaya yang harapannya dapat menyejahterahkan masyarakat," imbuh Trenggono.

Baca juga: KKP Pastikan Penangkapan Ikan Terukur tidak Rawan Eksploitasi

Melalui program Kampung Budidaya, pihaknya optimis hasil panen bisa terus ditingkatkan, baik volume maupun kualitas. KKP siap memperkuat pendampingan, pelatihan, serta memberikan bantuan sarana dan prasana di Desa Pangkahwetan.

“Kalau ini bisa ditingkatkan lagi, maka akan jadi signifikan. Melalui pasar domestik saja, bisa menyentuh angka 87.119 ton. Untuk tembus pasar ekspor, pastinya dibutuhkan usaha yang lebih besar," pungkasnya.

Selain melakukan peninjauan dan panen ikan bandeng, Trenggono memberikan bantuan berupa 100.000 ekor benih bandeng, 100.000 ekor benih udang windu, 2,1 ton pakan bandeng dan sertifikasi tanah pembudidaya ikan untuk lima orang.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT