20 April 2022, 18:53 WIB

Banjir Bandang Terjang Lima Dusun Di Grobogan


Akhmad Safuan |

BANJIR bandang menerjang lima dusun di Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (19/4). Puluhan rumah warga terendam dan satu roboh terkena hantaman banjir yang terjadi akibat tanggul sungai jebol.

Pemantauan Media Indonesia, Rabu (20/4), ratusan warga di lima dusun yakni Turi, Kenteng, Sumberagung, Jeblogan dan Sidomulyo, Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan melakukan gotong-royong membersihkan sampah dan lumpur yang berada di dalam rumah, halaman dan jalan desa.

Terjangan banjir mengakibatkan 67 rumah warga di lima dusun tersebut terendam air setinggi 50 cm-60 cm dan sebuah rumah di Dusun Turi, roboh setelah tanggul sungai jebol sepanjang delapan meter. "Banjir sudah surut sejak tengah malam. Tidak ada korban jiwa namun puluhan rumah terendam dipenuhi sampah dan lumpur," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyoningsih.

Meskipun sudah surut, lanjut Endang, warga diminta tetap waspada karena ancaman banjir masih cukup tinggi di wilayah ini. "Jika hujan terjadi di wilayah atas, maka ancaman banjir di desa ini cukup tinggi," tambahnya.

Banjir bandang yang menerja lima dusun di Grobogan ini, ungkap Endang, terjadi setelah turun hujan deras hampir seharian di wilayah yang berada di atas Desa Kenteng. Akibatnya, sungai tidak mampu menahan besarnya volume air sehingga tanggung sungai jebol sepanjang delapan meter. (OL-15)

BERITA TERKAIT