19 April 2022, 13:50 WIB

Umrah Dibuka Permohonan Paspor di Surabaya Naik 350%


Heri Susetyo |

PADA pertengahan Ramadan tahun ini permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya meningkat tajam mencapai 350 persen. Terlihat antrean para pemohon paspor terlihat di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya di Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo, Selasa (19/4). Mulai ramainya pemohon paspor di kantor imigrasi ini sudah terjadi sejak Maret lalu.

"Saat ini kami melayani permohonan paspor antara 150 hingga 180 orang per hari," kata Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Anggoro Widjanarko.
 
Menurut Anggoro, jumlah pemohon paspor pada Januari dan Februari lalu hanya seribu hingga 1.300 ratus orang per bulan. Namun, pada Maret meningkat tajam ada lebih 4 ribu pemohon. Di bulan April ini jumlah pemohon paspor diperkirakan lebih banyak lagi.
 
Peningkatan pemohon paspor tersebut terjadi sejak dibukanya kembali ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Selain itu mulai adanya kelonggaran perjalanan luar negeri dan dibukanya tempat wisata di sejumlah negara.

"Dari wawancara pada pemohon paspor memang kebanyakan untuk umrah, selanjutnya wisata kebanyakan ke Singapura dan Malaysia," kata Anggoro.

Nanang,45, salah satu pemohon paspor mengatakan, dia mengurus paspor untuk ibunya yang akan menjalankan ibadah umrah. Menurut Nanang, paspor ibunya sudah selesai dan diambil.  "Mengurus paspornya mudah tidak ribet. Seminggu ini jadinya," kata Nanang. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Simalungun Gelar Pasar Murah plus Vaksinasi Booster

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT