18 April 2022, 14:30 WIB

Pawang Diterkam Harimau hingga Tewas di TRMS Serulingmas Banjarnegara


Lilik Darmawan |

PAWANG harimau di Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas atau Serulingmas Zoo di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) tewas diterkam Harimau Benggala. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (17/4) jam 14.30 WIB saat memberikan pakan di kandang.

Pawang yang menjadi korban adalah Lulut Dwi Prasetyo, 35, warga Desa Merden, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara. Dia telah bekerja sejak tahun 2015. Setiap harinya, pekerjaannya adalah mengurus sejumlah Harimau Benggala yang menjadi koleksi Serulingmas Zoo.

Direktur TRMS Serulingmas Banjarnegara Lulut Yekti Adi membenarkan peristiwa tersebut. "Benar, ada kecelakaan kerja karyawan kami," kata Lulut Yekti singkat.

Menurut ayah korban, Sulaedi, anaknya mengalami luka bagian leher dan punggung. Peristiwa terjadi pada saat korban tengah memberikan pakan harimau. "Memang, pekerjaan dia adalah mengurus harimau Benggala di TRMS. Dia sudah bekerja di sana sejak tahun 2015 lalu," katanya.

Dijelaskan oleh Sulaedi, almarhum meninggalkan seorang istri dan anak yang masih kecil, bersekolah di TK.

Kejadian pawang diterkam harimau di TRMS tidak hanya sekali. Pada 12 Desember 2011 silam, juga terjadi peristiwa yang sama. Ketika itu, pawang harimau bernama Muhdi juga tewas akibat diterkam harimau. (OL-13)

Baca Juga: MotoGP Mandalika sumbang Rp12 miliar untuk PAD Lombok Tengah

BERITA TERKAIT