17 April 2022, 11:35 WIB

Jemaat HKBP Setia Negara Pematangsiantar Antusias Rayakan Paskah


Apul Iskandar |

RATUSAN jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Setia Negara Pematangsiantar antusias menghadiri perayaan Paskah Buhabuhaijuk, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Tampak api unggun menyala dikelilingi oleh para jemaat anak-anak sekolah minggu yang didampingi oleh orangtuanya antusias mengikuti ibadah perayaan Paskah Buhabuhaijuk sejak subuh pukul 05.00 pagi.

Usai ibadah pagi, selanjutnya anak-anak sekolah minggu berlomba mencari telur paskah mengitari halaman Gereja HKBP Setia Negara yang memang sengaja diletakkan oleh Panitia tersembunyi diberbagai tempat.

Rangkaian perayaaan Paskah tidak hanya sampai disitu, panitia menggelar kuis tanya jawab bagi anak-anak sekolah minggu seputar isi Alkitab dengan memberikan hadiah bagi yang berhasil menjawab pertanyaan.

Pendeta Resort HKBP Setia Negara Elisa Simaibang, Sth mengatakan pesan yang disampaikan melalui kegiatan perayaan Paskah dimana anak-anak sekolah minggu mencari telur Paskah bermakna berlomba-lomba terus mencari dan menemukan kehidupan yang sebenarnya.

"Ada sekitar 300 anak-anak sekolah minggu. Mereka mencoba melihat dan mau menemukan kehidupan yang sebenarnya lewat telur Paskah. Berlomba-lomba mencari serta memberikan yang terbaik dan semoga jemaat juga berlomba-lomba memberikan yang terbaik buat Tuhan," kata Pdt Elisa kepada Media Indonesia di halaman Gereja HKBP Setia Negara Pematangsiantar Sumatra Utara, Minggu (17/4)

Perayaan Paskah tahun lalu dirayakan di masa covid-19 masih begitu mencekam, kata Pdt Elisa, namun saat ini perayaan Paskah tidak begitu mencekam dan sudah agak terbebas dikarenakan telah mengikuti anjuran pemerintah untuk divaksinasi dan juga menjaga kesehatan.

"Pesan perayaan Paskah saat ini dikarenakan sudah mengikuti vaksin, mereka atau jemaat merasa plong, jadi inilah makna Paskah, berani maju tanpa ada ketakutan," ucap Pdt Elisa.

Dalam kesempatan itu, Pdt Elisa berharap untuk ke depan semakin ramailah partisipasi para orang tua untuk memberikan bantuan hadiah bagi anak-anak sekolah minggu.

"Kita melihat keramaian ini bukan hanya ramai dikehadiran saja namun juga keramaian orang tua dalam memberikan bantuan hadiah-hadiah untuk anak sekolah minggu. Jadi kesenangan orang tua itu ditunjukkan lewat pemberian ke anak-anak," pungkasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT