17 April 2022, 10:00 WIB

Polresta Tasikmalaya Berikan 159 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bandang


Adi Kristiadi |

JAJARAN Kepolisian Polres Tasikmalaya Kota, menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat terdampak banjir bandang di Kampung Sukasirna, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

"Kami memberikan bantuan paket sembako kepada warga paling terdampak untuk meringankan beban mereka. Selanjutnya tim gabungan TNI, Polisi, BPBD, Tagana dan warga setempat bergotong royong membersihkan lumpur dan bersama-sama perbaikan tanggul yang jebol dihantam banjir bandang," kata Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszahari Kurniawan, Minggu (17/4).

Pihaknya mengimbau warga selalu waspada saat hujan deras yang hampir terjadi tiap sore dan malam hari. Untuk penanganan tanggul jebol, jelas Kapolres, untuk perbaikannya sudah koordinasi dengan pemerintahan setempat. Sebab, jika tak cepat diperbaiki aliran Sungai Dalem Suba akan kembali melimpah ke kampung saat hujan turun.

"Bantuan 159 paket sembako bagi warga terdampak di Kampung Sukasirna diharapkan meringankan beban mereka. Tim gabungan akan terus membantu mereka terutama untuk memulihkan perekonomian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman mengatakan, pihaknya telah mendirikan dapur umum untuk pemenuhan kebutuhan makanan pengungsi. Banjir bandang yang terjadi menyebabkan kerusakakan cukup parah dan membuat 14 Kepala Keluarga mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

"Kami bersama Tagana tetap berupaya membantu warga terdampak banjir bandang dengan menyiapkan kebutuhan 500 paket makanan siap saji untuk sahur. Kami juga akan mengirimkan kebutuhan lainya berupa selimut supaya para pengungsi tidak kedinginan di pengungsian," kata Kadinsos Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman.

Sebelumnya, banjir bandang yang terjadi di Kampung Sukasirna, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/4) menyebabkan tanggul Sungai Dalem Suba sepanjang 30 meter jebol hingga mengakibatkan 159 rumah terendam banjir setinggi 2 meter. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. (OL-13)

Baca Juga: Banjir Bandang Hancurkan Tanggul dan Rendam 159 Rumah di ...

BERITA TERKAIT