14 April 2022, 20:08 WIB

Binda Gorontalo Safari Vaksinasi Covid-19 Malam Hari


Lina Herlina |

MENCEGAH penyebaran Covid-19 yang diprediksi mengalami lonjakan karena aktivitas dan mobilitas yang meningkat selama Ramadan dengan ibadah tarawih berjamaah membuat Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo mengambil langkah antisipasi.

Antisipasi yang dilakukan yaitu dengan melanjutkan program vaksinasi yang selama ini mereka lakukan dengan safari vaksinasi malam hari selama Ramadan.

"Mobilitas dan interaksi sosial masyarakat mengalami peningkatan di bulan Ramadan lantaran adanya kegiatan buka puasa bersama dan salat Tarawih berjamaah. Momen hari Raya Idul Fitri juga diprediksi mengalami lonjakan mobilitas secara signifikan, sebab adanya aktivitas mudik
Lebaran," seru Kabinda Gorontalo, Suryono.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/4) Suryono mengatakan, program yang mampu menarik minat masyarakat ini bertujuan meningkatkan imunitas tubuh masyarakat, guna mencegah penyebaran Covid-19 dengan vaksinasi.

"Akselerasi vaksinasi kali ini kita selenggarakan di lapangan Taruna Remaja, Kecamatan Hulonthalangi,  Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Metode vaksinasi jemput bola ini kita galakkan guna mencegah lonjakan kasus positif usai Lebaran nanti," kata Suryono.

Menurutnya, vaksinasi malam hari merupakan terobosan baru bagi jajarannya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi. Hal ini mengingat pola aktivitas masyarakat berubah semenjak Ramadan.

"Vaksinasi pada malam hari dipilih karena masyarakat banyak beraktivitas di malam hari selama Ramadan seperti salat tarawih, tadarusan hingga itikaf di masjid. Jadi, jemaah bisa tetap Salat Tarawih, lalu mengikuti vaksinasi," lanjut Suryono.

Dia pun mengingatkan masyarakat soal pentingnya vaksinasi bagi kesehatan tubuh. Dengan vaksinasi, rasio kasus positif Covid-19 dapat terus dijaga di bawah 5%, sesuai standar aman WHO (World Health Organization).

"Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dalam menyambut lebaran. Ketika sudah divaksin, masyarakat akan memiliki imunitas yang lebih tinggi, sehingga masyarakat bisa berlebaran dan bertemu sanak keluarga tanpa khawatir ancaman Covid-19," pungkas
Suryono. (OL-13)

Baca Juga: Cari Hoegeng Baru, Polri Jadi Lebih Humanis Mewujudkan Polri Presisi

BERITA TERKAIT