13 April 2022, 22:21 WIB

Harga Minyak Goreng Curah Di Kota Palu Masih Tinggi


M Taufan SP Bustan |

HARGA minyak goreng curah di pasaran Palu, Sulawesi Tengah, masih mahal. Operasi pasar yang dilakukan pemerintah setempat dinilai tidak berdampak.

Pantauan Media Indonesia, harga minyak goreng curah di Pasar Tradisional Inpres Manonda (PTIM) Palu masih bertahan di harga Rp18 ribu per liter. Harga ini mengalami penaikan yang cukup signifikan karena melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp14 ribu per liter.

"Sudah mahal sekali lah ini harganya. Sudah mau menyamai harga minyak goreng kemasan," aku salah satu warga Palu, Ulfa Munardi saat ditemui di PTIM, Rabu (13/4).  

Menurutnya, operasi pasar yang menjual minyak goreng murah ternyata belum berhasil menekan harga di pasaran. "Faktanya ini masih mahal minyak goreng curah di pasar," imbuh Ulfa.  

Warga Palu lainnya Andrianto Masengi berharap, pasar murah minyak goreng harus digelar intensif. Selain itu, pemerintah harus menyediakan stok minyak goreng yang mencukupi kebutuhan masyarakat.  

"Kalau mau ada dampak, pemerintah harus total menggelar pasar murah. Jangan gelar hari ini, seminggu kemudian lagi baru gelar. Pastilah tidak pengaruhi harga di pasar," katanya.  

Pedagang minyak goreng curah, H Burhan Ramang mengaku, harga minyak goreng yang masih mahal dijual karena pembelian mereka di distributor juga mahal. "Modal itu Rp15 ribu per liter, kalas dijual modal kan tidak mungkin, karena kami juga butuh keuntungan," tandasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT