13 April 2022, 18:15 WIB

PMI Bandung Kekurangan Stok Darah


Naviandri |

DALAM bulan Ramadan ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung tidak memiliki persediaan darah yang idealnya untuk empat hari dari jumlah kebutuhan darah per harinya. Selama empat hari idealnya jumlah persediaan darah yang dimiliki sebanyak 1500 sampai 2000 labu.

"Kami hanya mampu memperoleh donor darah sekitar 300 sampai 400 labu. Dan jumlah itu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan harian. Pendonor pun didapatkan bukan dari seluruhnya donor sukarela, melainkan donor keluarga yang didapatkan dari imbauan rumah sakit," kata Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung, Uke Muktimanah di Bandung Rabu (13/4).

Adapun donor sukarela kata Uke, sebanyak 70 persen dan kondisinya terbilang ada peningkatan, sedangkan 30 persennya dari donor keluarga yang didapat dari imbauan rumah sakit. Rumah sakit selama ini bekerja sama cukup baik dengan PMI, sehingga setiap pasien yang meminta darah ke PMI atau RS maka diimbau untuk membawa pendonor sebagai donor pengganti atau menjadi donor keluarga.

"Misalnya, ketika ada keluarga meminta darah golongan A maka mesti diganti atau mencari golongan A lagi, tetapi bisa juga lainnya untuk dijadikan subsidi silang," jelasnya.

"Dalam momen Ramadan pun kami kerap melakukan kegiatan donor darah dengan menjemput bola, seperti membuka layanan donor darah selama 24 jam, sehingga warga yang ingin mendonorkan darahnya tak perlu khawatir," ucapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT