12 April 2022, 18:15 WIB

Percepat Penanganan Sampah di Denpasar, Masyarakat Diminta Pilah dari Rumah


Ruta Suryana |

GUNA mempercepat penanganan dan  pengolahan sampah di TPA Suwung, Denpasar Selatan,  Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengharapkan masyarakat agar ikut memilah jenis sampah organik dan anorganik dari rumah. Hal ini dimaksudkan agar lebih sedikit yang dikirim ke TPA Suwung karena sampah yang organik bisa diolah di TPS 3R.

"Kami berharap seluruh masyarakat di Kota Denpasar khsususnya agar dapat mendukung program pemerintah tentang percepatan penanganan pengolahan sampah dengan cara membantu memilah sampah organik dan non organik dari rumah masing-masing dan dikelola di TPS3R,'' kata Sekretaris daerah Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana di sela-sela meninjau TPA Suwung, Selasa (12/4).

Kegiatan peninjauan ke TPA Suwung itu untuk mengetahui kondisi terkini TPA Suwung setelah beberapa hari terakhir tersendatnya pengangkutan sampah karena alat berat yang ada rusak. ''Peninjauan ini untuk mengetahui kondisi terkini di TPA Suwung. Tadi kami sudah minta penjelasan terkait dengan kondisi alat berat yang biasanya beroperasi di TPA Suwung yang kondisinya masih diperbaiki karena mengalami kerusakan. Semoga bisa segera diselesaikan dan pengangkutan sampah bisa kembali normal," harap Alit Wiradana.

Sementara itu di tempat terpisah,  Kepala Desa (Perbekel) Desa Tegal Kertha, Putu Trisna Jaya mengatakan sampah yang sempat meluber di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di wilayahnya,  sudah mulai bisa terangkut oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Denpasar.

''Kami pantau sampah yang sebelumnya menumpuk sudah mulai diangkut oleh petugas DLHK Kota Denpasar dengan mengerahkan alat berat. Mudah-mudahan sampah yang ada di TPS Jalan Merpati Monang Maning bisa  terangkut semuanya sehingga tidak  sampai meluber ke jalan," kata Trisna Jaya. (RS/OL-10)

BERITA TERKAIT