12 April 2022, 18:23 WIB

Pemkot Palembang Terus Gencarkan Vaksinasi Lansia


Dwi Apriani |

VAKSINASI masyarakat lanjut usia (lansia) di Kota Palembang masih rendah. Dari sebanyak 128.510 orang sasaran lansia, tercatat baru 75.867 orang yang menjalani vaksinasi dosis satu atau 59,03 persen. Sementara untuk dosis dua baru ada 65.893 orang atau 51,27 persen dan 19.543 orang atau 15,21 persen.

"Capaian vaksinasi Covid-19 di Palembang untuk lansia belum penuhi target. Dan ini yang membuat PPKM di Palembang diperpanjang hingga 25 April mendatang," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Palembang Yudhi Setiawan, Selasa (12/4).

Menurutnya, capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu yang belum capai target menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Palembang masih bertahan di level tiga. "Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk percepatan vaksinasi lansia seperti mendatangi langsung ke rumah warga yang lansia. Bahkan pihak kepolisian juga turut berupaya seperti melakukan vaksinasi di masjid," katanya.

Yudhi berharap semoga saja nanti cakupan vaksinasi lansia bisa meningkat, sehingga levelnya juga bisa berubah. Karena memang salah satu kendalanya itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Ferry Yanuar menambahkan, untuk PPKM level satu di Sumsel bertambah jadi empat.

"Yang level satu yaitu Muara Enim, Lahat, Lubuklinggau dan Prabumulih. Yang level dua ada 12 Kabupaten/Kota dan yang level tiga satu Kota yaitu Palembang," katanya

Berdasarkan data yang ada 12 Kabupaten Kota yang level dua yaitu Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir (OI), Empat Lawang, Musi Rawas Utara, Pagaralam, dan PALI.

"Untuk itu diimbau kepada masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Kemudian percepat vaksinasi," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT