12 April 2022, 14:33 WIB

Batu Besar Longsor Hantam Kendaraan di Banjarnegara, Dua Tewas


Lilik Darmawan |

DUA orang tewas akibat longsor yang terjadi di Desa Limbangan, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (11/4) malam. Longsor dipicu akibat hujan deras yang turun di wilayah setempat.

Dua orang tewas ialah Salim Ridho Afan, 38, dan Khayan, 40. Keduanya warga Desa Babadan, Kecamatan Pagentan. Keduanya tewas saat melintas di jalan yang menjadi titik peristiwa longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Andri Sulistyo mengatakan kedua korban kebetulan lewat di jalan setempat. "Kedua korban naik sepeda motor. Pada saat melintas ada batu besar yang longsor dan menghantam sepeda motor. Kemudian keduanya jatuh ke jurang Sungai Clapar. Batunya cukup besar karena setinggi 1,65 meter dan lebat 1 meter," ¬Ějelas Andri pada Selasa (12/4).

Tim dari BPBD bersama unsur lain mengevakuasi korban dan membersihkan longsoran di jalan setempat. Peristiwa tersebut sempat membuat arus lalu lintas macet akibat timbunan longsor di Desa Limbangan, Madukara.

Pelaksana harian (Plh) Bupati Banjarnegara Syamsudin meminta kepada masyarakat untuk terus waspada. Soalnya, masih ada potensi hujan lebat.

 
"Peristiwa longsor di Limbangan terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi. Selain itu tebing yang longsor berada pada kemiringan 90 derajat. Karena itulah, kami mengingatkan kepada warga untuk terus waspada," ¬Ějelasnya. (OL-14)
BERITA TERKAIT