08 April 2022, 17:51 WIB

Arus Mudik PMI Mulai Terlihat Di Bandara Juanda


Heri Susetyo |

SEPEKAN awal Ramadan 2022, Terrminal 2 Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mulai dipadati Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Tanah Air. Jumat (8/4), rombongan PMI terlihat di Terminal 2 Bandara Juanda.

Para PMI ini sengaja pulang mudik lebih awal agar bisa merasakan suasana lebaran lebih lama di kampung halaman masing-masing. Mereka juga ingin menjalankan ibadah puasa bersama keluarga. "Saya mau pulang ke Banyuwangi, sudah tiga tahun lebih tidak pulang," kata salah satu PMI Siti Aminah.

Jumat (8/4) ada tiga penerbangan internasional yang mendarat di Terminal 2 Bandara Juanda yaitu Singapore Airlines dengan 143 penumpang, AirAsia 178 penumpangm, dan Cathay Pacific 152 penumpang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin mengakui mulai ada peningkatan penumpang penerbangan internasional di Bandara Juanda. Sejak penerbangan internasional dibuka, ada lebih dari 6.420 penumpang yang tiba di Bandara Juanda. "Mereka rata-rata dari Hong Kong, Singapura dan Malaysia," kata Chicco.

Namun peningkatan kedatangan penumpang penerbangan internasional di Bandara Juanda ini terjadi sejak dua pekan terakhir. Setiap hari mulai ada dua atau tiga pesawat penerbangan internasional atau rata-rata 500 penumpang per hari.

Lonjakan penumpang penerbangan internasional ini juga tidak terlepas dari pelonggaran kebijakan pemerintah pada pelaku perjalanan luar negeri. "Lonjakan penumpang penerbangan internasional kami perkiraan sepekan jelang lebaran," kata Chicco. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT