07 April 2022, 11:49 WIB

Sekda Akan Jabat PLH Gubernur Babel


Rendy Ferdiansyah |

MASA Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel) akan berakhir pada 12 Mei 2022. Kekosongan Jabatan akan diisi pelaksana harian (plh) yang dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda).

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan siapa yang akan menjadi Plt Gubernur Babel nanti kewenangannya ada di tangan Presiden. Sebab presiden lah yang akan menentukannya.

"Bukan saya yang menentukan Plt tetapi presiden. Tetapi sebelum menentukan Plt, tentunya ada kekosongan. Untuk itu, kekosongan ini sementara waktu akan dijalankan Sekda sebagai Pelaksana Harian, (Plh)," kata Erzaldi Usai rapat paripurna usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil gubernur Babel di DPRD, Kamis (7/4).

Ia menyebutkan. sesuai aturan jika jabatan Gubernur kosong maka untuk sementara akan diisi oleh Sekda sebagai pelaksanaan harian, (Plh). Ia berharap siapanpun yang menjadi Plt Gubernur selama 2 tahun dapat menjalankan program program yang ada pada Rencana Program Daerah (RPD). "Saya akan lebih banyak lagi, dan tentunya menjalankan RPD," ujar dia.

Sementara, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Babel Kurniawan mengatakan, yang menentukan Plt Gubernur Babel nanti adalah Presiden. "Yang menentukan siapa jadi Plt, adalah Pak Presiden dalam hal ini Pak Joko Widodo. Nanti pak Presiden lah yang akan melantiknya," kata dia.

Sedangkan, lanjutnya, pada tahun berikutnya yakni ada tiga daerah di Babel yang akan diisi oleh Plt. Yakni Pangkalpinang, Bangka, dan Belitung. "Kalau untuk Plt Bupati dan wali kota ini nantinya, yang menentukan adalah Plt Gubernur," ujarnya. (RF/OL-10) 

BERITA TERKAIT