06 April 2022, 20:55 WIB

Genjot PAD, Pemko Pematangsiantar Terapkan Parkir Nontunai


Apul Iskandar |

GUNA mendukung Program Gerakan Nasional Non Tunai Pemerintah Pusat dan meningkatkan pendapatan daerah, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mulai menerapkan pembayaran parkir nontunai.

Penerapan parkir nontunai tersebut mulai diberlakukan sepanjang Jalan Sutomo yang mulai dari Simpang Jalan Surabaya sampai dengan  Simpang Jalan Diponegoro yang terletak di jantung Kota Pematangsiantar Sumatra Utara. 

"Ke empat lokasi parkir tersebut diberi nama Ganda 1, Ganda 2, Ganda 3, dan Ganda 4 dan akan akan ditambah titiknya ke depannya jika semua stakeholder mendukung," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Pematangsiantar, Kartini Batubara, Rabu (6/4). 

Kartini menjelaskan penerapan pemungutan parkir nontunai yang baru digelar tersebut merupakan kerja sama dengan PT. Bank Sumut. "Hal ini merupakan komitmen pemerintah kota Pematangsiantar yang akan melanjutkan program pemerintah pusat dengan sistem keuangan nontunai pada beberapa titik lokasi parkir. Setiap petugas parkir dilengkapi dengan sarana barcode yang disediakan oleh PT. Bank Sumut untuk menghindari parkir liar. Parkir nontunai tersebut dapat dibayar melalui pembiayaan OVO, Gopey, Dana, Qris, Qren, Shopeepay, LinkAja," jelas Kartini. 

Penerapan parkir nontunai, selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pematangsiantar, dia mengungkapkan bertujuan untuk menghindari kebocoran PAD khususnya dari bidang parkir. 

"Untuk itu Pemko Pematangsiantar melalui Dinas Perhubungan mengimbau dan mengharapkan masyarakat agar mendukung program yang telah dicanangkan Pemko Pematangsiantar," pungkasnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT