06 April 2022, 09:21 WIB

Hari Ini Imigrasi Atambua Berlakukan Visa On Arrival


Palce Amalo |

KANTOR Imigrasi Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur bersiap menyambut wisatawan asal Timor Leste menyusul berlakunya Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW) dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisata (VKSKKW) atau Visa on Arrival (VoA) mulai Rabu (6/4).

Pada Selasa (5/4), Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menerbitkan Surat Edaran Nomor: IMI-0549.GR.01.01 tentang Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata ini diberikan kepada 9 negara ASEAN untuk bebas visa kunjungan selama 30 hari dan tidak diperpanjang yakni Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kemudian 43 negara termasuk Timor Leste mendapatkan VKSKKW atau VoA hanya  membayar Rp500 ribu per visa yang akan masuk sebagai pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

"Visa kunjungan saat kedatangan sangat mudah, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) hanya menunjukkan paspor yang masih berlaku minimal 6
bulan, return tiket, dan harus vaksin booster atau vaksin dosis II. Untuk pembayaran dilakukan di bank persepsi atau bank pemerintah yang
ditunjuk," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, KA Halim kepada Media Indonesia.

Untuk tempat pemeriksaan imigrasi pos lintas batas ada empat yang sudah ditentukan termasuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain.  "Petugas imigrasi di PLBN Motaain standby dan siap melayani PPLN di perbatasan NKRI-Timor Leste," ujarnya.

Halim juga minta petugas menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat dan selalu menjaga kesehatan. Adapun pintu perlintasan RI-Timor
Leste di Motaaian mulai dibuka pukul 09.00 Wita. (OL-13)

Baca Juga: Realisasi Pembangunan di Temanggung hingga 2023 Sulit Tercapai

BERITA TERKAIT