05 April 2022, 19:50 WIB

Antisipasi Arus Mudik di Sumatra, Waskita Siapkan Tol Kapal Betung 


Insi Nantika Jelita |

BADAN Usaha Jalan Tol (BUJT) pengelola ruas tol Kayu Agung-Palembang-Batung (Kapal BetungO, Waskita Sriwijaya Tol (WST) melakukan persiapan dalam rangka antisipasi arus mudik Lebaran 2022 di wilayah Sumatera. 

Direktur Utama WST Herwidiakto menyampaikan, beberapa kendaraan armada akan disiagakan, lengkap dengan personel, unit patroli jalan tol, kendaraan derek, ambulance, kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR), serta kendaraan rescue yang siaga selama 24 jam. 

"Persiapan ini kami lakukan agar dapat menangani segala kejadian di jalan tol dengan cepat dan tanggap,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/4). 

Antisipasi lainnya dengan menyediakan gardu tambahan pada gerbang tol, lajur khusus bagi pengguna jalan yang kurang saldo beserta petugas keliling yang mengoperasikan mobile reader untuk memungut tarif dan mengecek kecukupan saldo. 

Baca juga : Pertamina Sumbagsel Jamin Ketersediaan Pertalite

Pengguna jalan yang kurang saldo akan diarahkan untuk mengisi ulang saldo atau membeli kartu tol pada gardu. Petugas call center dan patroli juga disiagakan 24 jam untuk melayani pengguna jalan yang mengalami kendala saat melintas di ruas tol Kapal Betung. 

Herwidiakto menambahkan, saat ini pemeliharaan jalan masih terus dilakukan pada ruas tol Kapal Betung, di antaranya mendeteksi dan menutup lubang atau retak pada badan jalan, menyiapkan aspal cold mix untuk penanganan sementara sebelum dilanjutkan dengan penutupan permanen. 

Selain itu, para petugas akan memastikan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan lengkap dan berfungsi dengan baik, serta menyiapkan Rest Area Fungsional pada KM 360B. 

“Monitor kondisi jalan, pemeliharaan, dan perbaikan saat ini terus dilakukan, dan ditargetkan seluruh jalan dalam kondisi baik pada 10 hari menjelang Idul Fitri," tuturnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT