04 April 2022, 16:05 WIB

Kampus AMC Cirebon Tahun Ini Pindah ke Bekasi


Mediaindonesia.com |

AKADEMI Maritim Cirebon (AMC) yang berdiri sejak 1986 lalu dan telah melahirkan puluhan ribu alumni yang kini telah sukses merintis karir di perusahaan pelayaran maritim nasional dan internasional. 

Pada 2022 ini akan memindahkan pusat kampusnya dari Cirebon, ke Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Pertama-tama kami ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1443H, semoga kita semua dengan hikmah Ramadhan ini. Semakin menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa dan menjadi manusia fitri saat Idhul Fitri 1 Syawal 1443H, nanti," ungkap Rista mewakili Keluarga Besar Yayasan Tirta Bahari dan Lembaga Akademi Maritim Cirebon lewat keterangannya, Senin (4/4)

Menurut Rista, rencana kepindahan kampus AMC dari Cirebon ke Bekasi guna meningkatkan status lembaga pendidikan tersebut.

"Make status AMC dari akademi atau diploma 3, juga akan ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Maritim, sehingga lulusannya nantinya bergelar S1," ujarnya.

Selain itu, ia mengklarifikasi kabar bahwa AMC telah ditutup. Menurutnya  AMC tetap membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

"Kepada para alumni atau mahasiswa/i AMC di seluruh Indonesia atau di seluruh dunia, saya harapkan jika menerima informasi atau berita yang tidak benar, tentang AMC agar segera melaporkan kepada pihak kampus, agar bisa kami klarifikasi," tandas Rista.

Dia juga menjelaskan dalam rangka penerimaan Calon Taruna (Catar) AMC pada tahun Akademik 2022/2023, pihaknya tetap melaksanakan promosi daerah Jawa Barat, meskipun keadaan pandemi. 

"Adapun promosi dalam rangka memperkenalkan AMC ke daerah Jawa Barat dengan cara menjalin kerjasama dengan para guru BK dan atau wakil kasek kesiswaan," jelasnya.

Hal itu dilakukan agar AMC diminati oleh warga Jawa Barat yang ingin menjadi pelaut. Pasalnya, selama ini kampus AMC lebih banyak didominasi mahasiswa dari Sulawesi, Sumatra dan Jawa Timur. (OL-8)

BERITA TERKAIT