01 April 2022, 14:20 WIB

Gandeng PANRB dan ESQ, Pemprov Kalteng Luncurkan ASN BerAKHLAK


Mediaindonesia.com |

APARATUR sipil negara (ASN) pada prinsipnya adalah pelayan masyarakat. Kesadaran itulah yang coba terus ditanamkan pemerintah saat ini. Hal itu pula yang melandasi digelarnya nilai dasar atau core values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK dengan employer branding Bangga Melayani Bangsa di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kamis (31/3) lalu.

Kegiatan yang juga digelar secara hybrid dan dirangkai dengan workshop Kepemimpinan Bagi Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalteng 2022 dengan mengangkat tema “ASN BerAKHLAK, Kalimantan Tengah Penuh Keberkahan. Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri  Suhajar Diantoro mendorong optimalisasi kinerja pelayanan publik bagi para ASN di Kalteng.

Baca juga: Presiden Larang ASN Gelar Bukber Puasa dan Open House Lebaran

“Apresiasi saya kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang telah melaksanakan kegiatan ini. Hal ini tentu menunjukkan komitmen yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menciptakan budaya kerja BerAKHLAK, khususnya bagi seluruh ASN Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah,” ujar Suhajar.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang telah diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo tentang budaya kerja. Presiden mengimbau seluruh pegawai negeri yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memiliki budaya kerja BerAKHLAK.

Core values BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Core values ini sejalan dengan lima prioritas kerja presiden, yang dua di antaranya adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan simplifikasi penyederhanaan birokrasi.

"Karena sesungguhnya tulang punggung negara ini adalah kita. Dan tulang punggung pemerintahan adalah birokrasi. Jadi apabila ingin memajukan negara ini, Bapak Presiden menjelaskan kepada kita harus memajukan pemerintahan," ungkapnya.

Sementara itu, Founder ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian yang menjadi narasumber memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Kalteng. Apalagi kegiatan ini merupakan peluncuran perdana di tingkat provinsi setelah diluncurkan Presiden Joko Widodo tahun lalu.

Dalam paparannya Ary mengatakan bahwa tantangan ASN saat ini harus mampu  beradaptasi dengan  perubahan apapun, mampu bertahan dalam kondisi apapun, mampu bekerja sama dengan siapapun, mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat dan mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur, banyak tokoh daerah yang merupakan kearifan lokal dijadikan inspirasi, seperti halnya di Kalteng yang dikenal dengan julukan Bumi Tambun Bungai.

“Tambun dan Bungai bila kita membaca dari berbagai literatur adalah tokoh Dayak yang cerdas, cepat kaki ringan tangan, pantang menyerah dalam membela kebenaran, dan jiga memiliki sikap yang lembut, ramah, suka menolong sesama dan bijaksana dan jujur,” beber Ary.

Menurutnya, nilai-nilai filosofi yang dimiliki Tambun dan Bungai cukup lengkap mencerminkan akhlak dan kecerdasan dan kepekaan sosial yang tinggi yang bisa menjadi pondasi kuat bagi seorang ASN dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara.

Gubernur Kalteng Sugianto menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. Ia juga menegaskan bahwa ASN BerAKHLAK akan diterapkan di seluruh lembaga pemerintahan di wilayah Kalteng. "Kami tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini hasil kolaborasi kami dengan ESQ. Sangat luar biasa. Harapan kami tentu merubah pola kerja ASN jajaran Pemerintah Provinsi. Nantinya kami akan membumikan di Kalimantan Tengah sama di kabupaten/kota sampai nanti semua organisasi yang ada di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Untuk itu ia pun menghimbau agar core values ASN BerAKHLAK ini dapat diterapkan di setiap provinsi di Indonesia. "Harapan saya teman- teman gubernur yang lain juga di seluruh Indonesia melaksanakan yang sama. Mari kita bumikan ASN BerAKHLAK sehingga Indonesia ini penuh berkah," pungkasnya.

Selain menghadirkan Sekjen Kemendagri, Founder ESQ, acara ini juga menghadirkan Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni sebagai narasumber yang mengupas tuntas tentang implementasi Employer Branding ASN Bangga  Melayani Bangsa. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT