01 April 2022, 21:39 WIB

RT-RW Harus Dilibatkan Dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan


mediaindonesia.com |

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan sistem pertahanan dan keamanan semesta mendorong seluruh masyarakat mempunyai tanggung jawab bersama.

"Dua kali dalam satu konstitusi, dua kali para pendiri bangsa menegaskan sistem pertahanan kita, artinya sistem pertahanan kita adalah pertahanan-keamanan rakyat semesta, yang melibatkan seluruh rakyat ikut memikul tanggungjawab," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Pernyataan Prabowo Subianto diamini oleh Ketua KomisI I DPRD Kota Tangerang, Junaidi, yang memiliki pandangan yang sama bahwasanya rakyat termasuk organisasi pemerintahan masyarakat tingkat RT dan RW harus dilibatkan dalam sistem pertahanan dan keamanan.

“Ketua RT dan RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah ditengah masyarakat, seyogianya menjadi pemimpin orchestra yang mengatur simphoni pertahanan dan keamanan warga,” kata Junaidi kepada wartawan, Jum’at (1/4).

Ditangan seorang Ketua RT dan RW itulah, lanjut Junaidi, sistem pertahanan dan keamanan dapat terbentuk, tumbuh dan berkembang menjadi cluster-cluster masyarakat tangguh yang tentunya dapat mendukung berjalannya pemerintahan di daerah.

Atas dasar itulah, Komisi I DPRD Kota Tangerang senantias cepat merespons setiap permasalahan yang ada di RT dan RW di Kota Tangerang, salah satunya kisruh pemilihan Ketua RT dan RW di Kecamatan Cibodas Banten.

Komisi I DPRD Kota Tangerang yang menerima aduan masyarakat terkait kisruh ini, telah memanggil seluruh Lurah dan calon Ketua serta RW se- kecamatan Cibodas, menyelesaikan  permasalahan ini.

"Kita panggil semua, duduk bersama mencari mufakat. Alhamdulillah selesai. Sebenarnya simple , Camat atau Lurah cukup berpedoman pada Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2015 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan RT-RW," tutur Junaidi.

“Kami harap para Lurah dan Camat mensosialisasikan peraturan Walikota Kota Tangerang ke masyarakat agar tidak ada lagi ribut-ribut soal RT dan RW,” lanjut Junaidi.

Politisi Gerindra ini mengajak masyarakat khususnya RT dan RW untuk senantiasa menjaga iklim sejuk dan teduh di bidang pemerintahan, sosial, ekonomi dan kuktur budaya Kota Tangerang, apalagi dimasa Ramadhan.

Pusat pemerintahan kota, sekolah, pasar, rumah dan bangunan warga serta  objek vital lainnya yang menjadi prioritas pengamanan selama bulan Ramadhan dan saat ditinggal mudik masyarakat, tentunya memerlukan keterlibatan masyarakat dibawak komando Ketua RT dan RW.

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa, Komisi I DPRD Kota Tangerang saat ini rutin melakukan silaturahmi berkala dengan Ketua RT dan RW beserta warganya, untuk menciptakan suasana aman yang tentunya membangkitkan ketahanan masyarakat.

Bukan hanya Ketua RT dan RW, Komisi I DPRD Kota Tangerang juga membangun komunikasi dengan seluruh Lurah di se Kecamatan Kota Tangerang.

“Bulan kemaren ada hearing dengan Lurah dan Camat di Kota Tangerang. Kita lakukan langkah pencegahan sekaligus mensosialisasikan pentingnya menjaga pertahanan dan keamanan sitengah masyarakat, seperti himbauan Pak Prabowo,” pungkas Junaidi. (OL-13)

BERITA TERKAIT