29 March 2022, 23:50 WIB

Tjiwi Kimia Gelar Donor Darah Massal Jelang Puasa, Berhadiah Minyak Goreng


Heri Susetyo |


PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Sidoarjo bersama seluruh pilar usaha Sinar Mas di Jawa Timur menggelar donor darah massal jelang bulan puasa Ramadan.
 
Kegiatan sosial donor darah dilakukan di aula pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk Sidoarjo, Selasa (29/3). Donor darah diikuti sedikitnya 450 orang. Terdiri 100 pendonor dari seluruh pilar Sinar Mas Jatim dan sekitar 350 peserta dari karyawan Tjiwi Kimia serta masyarakat sekitar.

Acara dibuka oleh pembina paguyuban Sinar Mas, Ongkie, bersama Ketua Paguyuban Sasongkoadhi Widodo (Asuransi Sinar Mas) dan Mill Head Tjiwi Kimia Huang Chao Hsiung.

Menurut Sasongkoadhi Widodo, kegiatan donor darah dilakukan secara kesinambungan. Selain sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat, juga sebagai upaya pemenuhan kebutuhan darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

Pada saat awal-awal puasa bulan Ramadan, stok darah di PMI biasanya turun drastis karena jumlah warga donor berkurang. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa membantu PMI menyediakan darah terutama di bulan puasa.
 
"Kami mempunyai karyawan yang cukup membantu ketersedian stok darah," kata Sasongkoadhi Widodo.

Pembina Paguyuban Sinar Mas, Ongkie, menambahkan, acara ini dilakukan juga untuk memperingati 100 tahun kelahiran Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas. Kegiatan ini sebagai wujud terima kasih seluruh pilar Sinar Mas Jatim atas perjuangan Eka Tjipta dalam merintis bisnis sejak 80 tahun lalu hingga terus berkembang saat ini.

Menurut Ongkie, Paguyuban Sinar Mas dibentuk sebagai wadah kerja sama dan sinergi yang aktif dan kompak antarpilar, agar dapat saling mendukung kemajuan dan pengembangan usaha setiap perusahaan.

"Kami bertekad Sinar Mas makin berdampak luas, tidak hanya pada dunia usaha namun juga pada masyarakat sekitar," ujar Ongkie.

Mill Head Tjiwi Kimia Huang Chao Hsiung menekankan, setiap keluarga Sinar Mas hendaknya selalu mengingat akan perjuangan dan jasa-jasa Eka Tjipta. Terutama dalam menumbuhkembangkan Sinar Mas sebagai bagian penting pertumbuhan Indonesia.

"Semangat dan filosofi beliau yang pantang menyerah, menjaga integritas, selalu positif, berkomitmen, berkelanjutan, inovatif dan loyal wajib dilaksanakan terus," kata Huang.

Sementara untuk mendukung dan mengapresiasi peserta donor, pihak panitia memberikan paket makanan dan minyak goreng kemasan 1 liter gratis.

Sinar Mas Jatim saat ini beranggotakan 19 pilar usaha yang terdiri dari pilar pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate serta telekomunikasi. (N-2)

 

BERITA TERKAIT