28 March 2022, 05:45 WIB

Buka Medan Rafting, Wali Kota Bobby Ingatkan Soal Kebersihan Sungai


mediaindonesia.com |

WALI Kota Medan Bobby Nasution mengajak warga menjaga kebersihan sungai di daerah ini sehingga bisa dilaksanakan olahraga air yang banyak diminati warga Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Medan M Husni yang membacakan sambutan Wali Kota saat membuka Medan Rafting Championship 2022 yang diikuti 22 klub Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan.

"Agar olahraga ini bisa berkembang di Medan, salah satu syaratnya kita harus memiliki sungai yang bersih dan memadai agar bisa melaksanakan olahraga air," ucap M Husni di Medan, Minggu (27/3).

Meski demikian, lanjut dia, Pemerintah Kota Medan terus berupaya melakukan normalisasi dengan tetap memperhatikan aspek kemanusiaan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pinggiran sungai. Selain itu, Bobby juga menilai bahwa kegiatan Medan Rafting Championship memperebutkan piala Wali Kota Medan ini merupakan kegiatan yang sangat positif.

Baca juga: Geo Fun Rafting 2021 di Geopark Merangin Jambi Berlangsung Sukses

FAJI Kota Medan sebagai induk organisasi arung jeram harus terus berupaya menjadikan olahraga air ini menjadi salah satu pilihan olahraga bagi warga Kota Medan.

"Bukan tidak mungkin jika kita mampu melakukan sosialisasi, bisa jadi olahraga air ini diminati oleh warga Medan di masa mendatang, dan melahirkan atlet profesional," imbuhnya.

Wali kota juga mengapresiasi pembentukan Satgas Banjir FAJI Kota Medan yang miliki peran melahirkan atlet arung jeram profesional, dan juga peran sosial membantu masyarakat tertimpa bencana alam.

Untuk diketahui, dalam pembukaan Medan Rafting Championship 2022, FAJI Kota Medan membentuk Satgas Banjir FAJI Kota Medan guna membantu pemerintah melakukan penyelamatan masyarakat terdampak banjir.

"Pembentukan satgas banjir ini menunjukkan FAJI Kota Medan memiliki dua fungsi saling mendukung, yakni melahirkan atlet profesional dan membantu masyarakat," pungkasnya.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT