27 March 2022, 10:10 WIB

Alor Kini Miliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Pertama di NTT


Gabriel Langga |

KABUPATEN Alor kini memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Gedung milik Kementerian Agama Kabupaten Alor yang dibangun dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2021 telah diresmikan Bupati Alor, Amon Djobo.

Dengan kehadiran gedung baru tersebut, maka Kabupaten Alor pertama di Nusa Tenggara Timur yang memiliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu.

Kepala Kanwil Kemenag NTT, Reginaldus S.S. Serang melalui rilis yang diterima mediaindonesia.com, Minggu (27/3) memberikan apresiasi kehadiran PLHUT Kemenag Kabupaten  Alor.

"Dengan kekuatan besar untuk memberi apresiasi atas suksesnya pembangunan gedung  ini maka para Kankemenag Kabupaten kota yang ada di Nusa Tenggara Timur ini bisa belajar di Alor sebagai tempat persemaian toleransi dan persaudaraan," jelasnya

Ia pun mendorong pemda juga dapat mengawasi jalannya tata laksana Kementerian Agama di daerah agar saling berkolaborasi sehingga dapat berjalan pada rel yang semestinya. Menurutnya, Kementerian Agama adalah instansi vertikal yang memiliki tugas melaksanakan pembangunan di bidang agama melalui dua fungsi utama, yakni fungsi agama dan fungsi pendidikan.

"Kami tentu sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Alor yang sangat peduli membantu Kementerian Agama Kabupaten Alor untuk perbaikan gedung dan sarana prasarana Kantor Kemenag Alor," ucap Reginaldus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor, Awaludin Husain mengaku pemerintah daerah selama ini selalu mendukung program pembangunan bidang agama di daerah.

"Gedung megah ini berdiri dan menjadi yang pertama di NTT. Terima kasih untuk semua bentuk dukungannya bagi kami di bumi Persaudaraan, Tanah Terjanji, Surga Di Timur Matahari Alor," pungkas dia.

Sementara itu, Bupati Alor, Amon Djobo menegaskan PLHUT Kantor Kemenag Alor merupakan tempat  untuk melayani orang. Sehingga ia harapkan dapat dimanfaatkan secara baik untuk melayani banyak orang.

"Orang yang bekerja di tempat ini harus mempunyai hati yang bersih tidak sekedar berdiri gedungnya tapi mempunyai dampak dan nilai tambah bagi calon jamaah haji," tegasnya.

Ia pun meyakini kehadiran gedung PLHUT ini juga jawaban atas gagasan Pemda Alor untuk memberangkatkan tokoh agama Muslim ke tanah suci  untuk umrah. Selain itu,  Pemda Alor juga akan memberangkatkan para tokoh agama Kristen ke Yerusalem.

"Tahun ini kami akan berangkatkan tujuh orang dari muslim, sembilan orang dari Kristen, dan satu orang dari Hindu. Saya berharap dengan memberangkatkan para pemimpin agama ke Mekah, Yerusalem dan tempat suci lainnya, hal itu akan memberikan kebaikan, keberkahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Alor," pungkas Bupati Alor ini. (OL-13)

Baca Juga: Wali Kota Lambert Ingatkan Siapapun Ketua PWI Sorong Utamakan Persatuan

 

BERITA TERKAIT