24 March 2022, 11:30 WIB

Warga Tangkap Remaja yang Sering Curi Uang Persembahan di Pura


Arnoldus Dhae | Nusantara

REMAJA kelas 1 SMP berinisial I Putu DY diamankan warga. Bocah berusia 14 tahun asal Pupuan, Tabanan tertangkap usai mencuri uang sesari atau uang persembahan warga yang sembahyang di Pura Dalem Jati Banjar Blumbang, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Badung.

Saat diserahkan ke polisi, dia langsung diinterogasi. Pengakuannya tersangka mengejutkan. Karena diduga telah melakukan aksi pencurian uang sesari lebih dari 40 pura.

Kasi Humas Polres Badung, Iptu Ketut Sudana menerangkan, pelaku diamankan warga pada Selasa (22/3/2022). Kasus bermula sekitar pukul 10.30 WITA, di Pura Dalem Jati Banjar Blumbang, Desa Penarungan, Mengwi,  Badung. Saat itu, pengempon pura (pemimpin upacara) mendapati sejumlah uang sesari yang telah hilang. Dari sana, masyarakat mencurigai seorang remaja yang terlihat
buru-buru mengendarai motor pergi dari pura itu. Warga langsung mengejar dan mengamankan pelaku tak jauh dari situ.

"Pelaku ditangkap oleh warga yang saat itu sedang melaksanakan gotong royong di seputaran TKP. Pelaku mencuri uang sesari milik Pura Dalem Jati sebanyak Rp6.755.000. Dengan adanya kejadian tersebut korban melaporkan ke Polres Badung guna proses penyidikan lebih lanjut," terangnya, Kamis (24/3/2022).

Dari interogasi, pelaku mencuri dengan cara berpura-pura mengenakan pakaian adat dan masuk ke dalam areal pura. Saat ada kesempatan, tersangka langsung mengambil sejumlah uang sesari. Dari interogasi, pelaku mengakui perbuatannya.

"Yang mengejutkan, pelaku mengaku telah melakukan pencurian lebih dari 40 pura. Seperti di Pura Dalem Jati Penarungan pelaku juga pernah mencuri di Wilayah Badung yaitu di Pura yang ada di Mengwitani, Pura Taman Ayun, Pura Alas Arum Sangeh, Pura di sebalah barat pertigaan Abiansemal, Pura Sada Kapal, Pura Desa Munggu. Dan juga beberapa pura di daerah Tabanan yaitu di Apuan, Pacung, Penebel dan  Marga dengan total Pura lebih dari 40 lokasi," tambahnya.

Kini polisi masih mendalami keterangan bocah tersebut. Orang tuanya pun telah dipanggil untuk dimintai keterangan. (OL-13)

Baca Juga : Usut Korupsi Garuda, Kejagung Panggil WN Prancis

BERITA TERKAIT