22 March 2022, 11:05 WIB

Kematian Covid-19 di Kota Malang Didominasi Lansia


Bagus Suryo |

KEMATIAN akibat covid-19 saban hari terjadi di Kota Malang, Jawa Timur, angkanya sampai pertengahan Maret ini sudah mencapai 83 orang. Kebanyakan pasien yang meninggal merupakan kalangan lanjut usia (lansia).

"Jenazah pasien covid-19 yang dimakamkan itu 70%-80% berusia 60 tahun ke atas," ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Subaedi, Selasa (22/3).

Jenazah lainnya sekitar 20% berusia 50 tahun ke bawah. Bahkan, ada balita warga Mergan meninggal dunia akibat covid-19. "Hari ini kita memakamkan satu jenazah di pemakaman Samaan," katanya.

Pasien yang meninggal dunia itu terbanyak setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Pasien lainnya dari RS Lavalette Malang, RS Panti Nirmala, RS Panti Waluya atau RKZ Malang, RS UMM dan RS Soepraoen.

Bahkan, ada jenazah covid warga yang berkartu tanda penduduk Kota Malang dari RS di Kota Batu dan Kota Surabaya.

Ia mengungkapkan meski sampai Selasa (22/3) kasus kematian akibat covid-19 mencapai 83 orang, tetapi angka itu tak sebanyak Februari. Sebab, Kota Malang sudah masuk PPKM Level 2.

"Yang dimakamkan pada Januari 7 jenazah dan Februari 102 jenazah," ujarnya.

Saat ini, penularan covid-19 masih terjadi di daerah setempat. Data terkini, ada penambahan 30 pasien. Karena itu, masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan.(OL-13)

Baca Juga: Waspadai Kemacetan di Tol Japek Arah Jakarta Sepekan Ini

 

BERITA TERKAIT