21 March 2022, 21:02 WIB

Ganjar Pranowo Siltaurahim ke Nahdlatul Wathan


mediaindonesia.com |

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersilaturahim atau sowan ke kediaman Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH Muhammad Zainuddin Atsani, di lingkungan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Selasa (21/3/2022).

Ganjar yang tiba pukul 10.00 WITA, didampingi istrinya Siti Atiqoh Supriyanti, langsung disambut TGS Zainuddin Atsani. Kemudian diajak ke pendopo untuk ramah tamah, dibalut suasana yang hangat.

Di pendopo itu, TGS Zainuddin Atsani juga memperlihatkan kepada Ganjar foto kakeknya dan menceritakan tentang perjuangannya. Ganjar melihat dari foto Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan Tuan Guru Bajang (waktu kecil), yang seolah berbisik mengenai tugas melanjutkan estafet perjuangan kakeknya.

Ganjar Pranowo mengaku terkesan dengan kultur warga NW yang kuat kepercayaan dan ketaatan kepada pemimpinnya. Hal ini, katanya, terbukti dengan penyebaran NW di berbagai pelosok Nusantara.

"Perkembangan NW ini lebih dahsyat. Saya sudah sering mendengar cerita soal ketokohan TGKH Zainuddin Atsani ini. Kalau bukan karena ketokohan beliau yang muda dan memiliki visi kemajuan ini, saya kira sulit organisasi NW ini berkembang seperti sekarang ini," kata Ganjar di Selong, Lombok Timur.

Soal visi pendidikan, kata Ganjar, Tuan Guru Zainuudin Atsani ini memiliki visi luar biasa ingin menggabungkan ilmu sains dan agama, karena lembaga pendidikan yang dibuatnya juga ada yang agama dan umum. "Ini sebuah kesempurnaan yang diharapkan dalam agama," katanya.

Ketua Umum PBNW TGKH Muhammad Zainuddin Atsani menyampaikan ucapan selamat datang di induk madrasah NW. Ia menguraikan keberadaan dan perkembangan organisasi Nahdlatul Wathan yang sudah menyebar ke seluruh pelosok Nusantara.

"Alhamdulillah, kepengurusan NW sudah berada di di 34 provinsi di Indonesia dan lima perwakilan luar negeri, dengan mengelola lebih dari 1.500 madrasah dan sekolah," katanya.

Ia mengakui Ganjar Pranowo sudah beberapa kali ingin berkunjung ke NW, tapi hanya terlaksana beberapa kali melalui aplikasi zoom. "Beliau orang baik dan merakyat, selalu mendahulukan kepentingan umum dan istikamah dalam berbuat baik. Alhamdulillah kendati baru bertemu langsung hari ini, cukup menggambarkan kepribadian Pak Ganjar yang hamble" katanya.

Usai dijamu, Ganjar dan istri diajak Ketua Umum PBNW keliling di lingkungan Ponondok Pesntren Syaikh Zainuddin NW Anjani, yang memiliki 17 lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi, dengan jumlah santri kurang lebih 15 ribu.

Pertemuan kedua tokoh itu berlangsung cukup lama. Hampir dua jam, Ganjar dan TGS Zainuddin Atsani berbagi pengalaman hingga bertukar pikiran tentang banyak hal, dari kondisi bangsa hingga perhelatan akbar MotoGP Mandalika. (Ant/OL-13)

BERITA TERKAIT