16 March 2022, 21:11 WIB

Penyelundupan Satu Ton Sabu dari Iran di Pantai Mandasari Digagalkan


Adi Kristiadi |

PETUGAS Subdit 1 Ditresnarkoba, Polda Jabar menangkap lima orang dan mengamankan narkoba jenis sabu seberat satu ton dari Kapal di Pantai Mandasari, Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (16/3).

"Pantai di Pangandaran, seperti di Mandalasari terdapat karang yang dimungkinkan menjadi sarana kejahatan. Ini terbukti dengan ditangkapnya kapal yang membawa narkoba jenis sabu di sana. Kami selamai ini sangat khawatir, karena pengawasan sepanjang pantai yang berkarang minim," kata Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengomentari penangkapan tersebut, Rabu (16/3/2022).

Pantai Pangandaran memiliki luas 93 kilometer dan tersebar di 10 kecamatan, yang banyak jalan tikus bagi penyelundupan. Pemda sendiri, jelas Bupati Jeje, tidak memiliki cukup sumber daya mengawasi jalur-jalur tikus tersebut.

Ke depannya, jelas dia, pemerintah akan berkoordinasi dengan tokoh nelayan, warga, Polisi, Satpolair agar kejadian penyelundupan narkoba ini tidak terulang.

"Kami akan tingkatkan koordinasi dengan tokoh nelayan, jika ada orang mencurigakan supaya melaporkan. Karena, memang selama ini juga di sepanjang pantai Pangandaran tidak aman dan kecurigaan itu sudah lama terjadi terkait adanya penyelundupan ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar Kombes Pol Johannes R Manalalu, didampingi Wadir Ditresnarkoba AKBP Nuredy Irwansyah mengatakan, kasus ini terungkap berkat adanya laporan masyarakat. Dimana masyarakat mencurigai adanya sebuah kapal yang berada di pinggir pantai. Pihaknya kemudian mengintai dan mengamati dan menangkap lima orang berinisial DH, HH, AH, perempuan NS dan M warga Afganistan.

Johannes mengatakan, satu ton sabu tersebut merupakan kiriman dari Iran menggunakan kapal melalui jalur perairan Pangandaran. Setibanya di Pantai Pangandaran barang itu langsung dipindahkan ke kapal nelayan. Polisi yang telah mencium operasi tersebut mengamankannya saat kapal hendak berlabuh di pantai. Ada 66 bungkus narkoba jenis sabu dan para pelaku berhasil diamankan.

"Kami masih terus melakukan pengembangan terkait penangkapan narkoba jenis sabu ini, termasuk lima tersangka," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Kapten Kapal Sumber Daya dan Satu Awak belum Ditemukan

 

BERITA TERKAIT