11 March 2022, 15:33 WIB

Objek Wisata di Lereng Merapi Ini Masih Aman Dikunjungi


Ardi Teristi Hardi |

AKIBAT meningkatnya aktivitas Gunung Merapi, beberapa objek wisata lereng Gunung Merapi ditutup. Namun, masih ada pula objek wisata di lereng Gunung Merapi yang tetap dibuka.

"Beberapa objek wisata sudah dilakukan penutupan agar tidak diakses oleh wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Jumat (11/3).

Beberapa objek wisata yang ditutup sementara adalah Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo, Jalur Tracking Merapi, Jalur Sunrise Kaliadem Jeep Wisata, dan Wisata Religi Turgo.

Singgih menyampaikan, wisatawan tetap bisa berwisata di wilayah yang jaraknya lebih dari 5 km dari Gunung Merapi, sesuai dengan batas aman yang ditentukan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Masih Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

Ia pun menyebut beberapa objek wisata yang masih bisa dikunjungi wisatawan dan aman yaitu Gerbang Retribusi Kepuharjo dan Umbulharjo, Kawasan Wisata Kaliurang, Museum Terbuka Bakalan, Kopi Merapi, dan Merapi Golf.

Ia juga mengatakan, aktivitas Gunung Merapi tidak mengganggu kunjungan wisatawan ke DIY. Pasalnya, wisatawan masih bisa berwisata ke lokasi yang dinyatakan aman.

"Bagi wisatawan yang mau berwisata ke tempat yang saat ini ditutup bisa mengalihkan tujuan wiaatanya ke tempat lain. Masih banyak sekali objek wisata di DIY yang bisa dikunjungi," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT