10 March 2022, 21:30 WIB

Rumah Difabel Meong, Surakarta, Kirim Bantuan untuk Korban Merapi


Widjajadi |


ANCAMAN bahaya akibat erupsi Gunung Merapi menggugah komunitas Rumah Difabel Meong, Surakarta, Jawa Tengah, untuk berbuat.

Mereka mengirim 1.000 masker, sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap 193 jiwa pengungai di Balai Desa GlagahHarjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Founder Rumah Difanel Meong, Ning Hening Yulia mencatat ada 38 lansia, 40 anak anak dan balita, satu ibu hamil dan 114 orang dewasa di pengusian itu.

"Sore ini kami berangkat ke lokasi pengungsian untuk menyerahkan 1.000 lembar masker. Ini sebagai upaya membantu tindakan tanggap darurat," paparnya.

Ning mengakui belum banyak yang bisa mereka berika. Namun setidaknya bantuan 1.000 masker itu sebagai respon awal kepedulian Rumah Difabel Meong pada kondisi warga korban Merapi.

Selain mengantar masker, Ning dan teman-teman juga akan melakukan survei situasi sekaligus mendata kebutuhan darurat. "Siapa tahu dengan data itu, kami bisa membantu mengusahakan bantuan secara cepat," imbuhnya.

LSM kemanusiaan dari Surakarta ini juga  sudah berkoordinasi dengan tim SAR Barameru Merapi, untuk distribusi bantuan. (N-2)

 

 

BERITA TERKAIT