08 March 2022, 17:14 WIB

KM Putra Barokah SN yang Hilang Kontak Akhirnya Ditemukan


Nurul Hidayah |

KAPAL Motor Putra Barokah SN yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak akhirnya berhasil ditemukan. Kondisi 19 anak buah kapal (ABK) juga sehat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pada Selasa (8/3) sekitar pukul 08.37 WIB tim SAR gabungan akhirnya bisa berkomunikasi dengan nahkoda KM Putra Barokah SN, Dasman, melalui telepon. Penemuan KM Putra Barokah berawal dari keterlibatan helikopter HR-3604 jenis Dauphin yang dikirimkan Basarnas untuk melakukan pencarian. 

Helikopter ini bertolak dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Akhirnya kru helikopter melihat KM Putra Barokah SN yang tengah berada di perairan Tanjung Sedari, Karawang, Jawa Barat.

Selanjutnya pada pukul 10.00, tim SAR gabungan bergerak dari Sungai Buntu, Kabupaten Karawang, menuju KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari. Tim SAR gabungan bergerak memastikan kapal dalam kondisi aman dan rencananya KM Puta Barokah SN akan menuju Sungai Buntu.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah menjelaskan sebanyak 19 person on board (POB) dalam kondisi selamat. "Mereka dalam kondisi selamat dan sehat," tutur Deden. Dengan penemuan KM Putra Barokah SN dan 19 awaknya dalam keadaan selamat, operasi SAR dihentikan. Seluruh unsur SAR kembali ke kesatuan masing-masing.

Baca juga: KM Putra Barokah dengan 18 ABK Hilang di Perairan Eretan Indramayu

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Putra Barokah SN dilaporkan hilang kontak di perairan Eretan, Kabupaten Indramayu, sejak Minggu (6/3). Kapal tersebut sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Eretan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu pada Kamis (3/3) pukul 13.00. Kapal tersebut berlayar menuju ground fishing. (OL-14)

BERITA TERKAIT