08 March 2022, 16:08 WIB

Jenazah 8 Korban KKB di Beoga Diterbangkan ke Kampung Halaman


Marcelinus Kellen |

JENAZAH delapan orang karyawan PT Palaparing Timur Telematika (PTT) yang tewas oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, diterbangkan dari kabupaten Mimika ke daerah masing-masing pada Selasa (8/3).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan kedelapan jenazah korban kekejaman KKB itu telah diberangkatkan menggunakan maskapa komersil pada pagi hari. Sebelum diberangkatkan, menurut Kombes AM Kamal, telah dilakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT.

"Penghormatan sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua," kata Kamal, Selasa (8/3).

Baca juga: PTT Berikan Santunan Pada Korban Pembunuhan KKB di Kabupaten Puncak

Jenazah almarhum Renal Tentua Tagasye diberangkatkan ke Ambon Maluku, jenazah almarhum Bili Galdi Balion diberangkatkan menuju Bandung, jenazah almarhum Ibo diberangkatkan ke Subang, jenazah almarhum Jamaluddin diberangkatkan ke Rangkas Bitung, jenazah almarhum Sharil Nurdiansyah serta almarhum Eko Septiansyah akan diberangkatkan ke Jakarta serta jenazah almarhum Bona Simanulang diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah.

Lalu, jenazah almarhum Bebi Tabuni diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak.

Haru Keluarga Terima Jenazah dan Makamkan Bebi Tabuni

KEDATANGAN jenazah karyawan Palapa Timur Telematika (PTT) Bebi Tabuni pada Selasa (8/3) di Bandara Aminggaru Ilaga, Kampung Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, disambut pihak keluarga, warga, aparat TNI-Polri dan perwakilan PT. PTT dalam suasana haru.

Jasad Putra dari Abelom Tabuni itu tiba menggunakan pesawat SAS Aviation Puncak dengan Nomor Penerbangan PK- FSE dari Timika, Kabupaten Mimika dan langsung dibawa menggunakan mobil ambulan Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak menuju Mapolres Puncak di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan saat di Mapolres diadakan pemberian uang santunan dari perwakilan PT PTT diserahkan Bapak Yusuf kepada pihak keluarga Bebi Tabuni yaitu perwakilan keluarga Abelom Tabuni.

"Sekitar pukul 08.45 WIT, jenazah Bebi Tabuni dibawa pihak keluarga dengan berjalan kaki menuju tempat pemakaman didampingi aparat keamanan TNI-Polri," ucap Aqsha.

Tempat pemakaman berada di Jalan Moko, Kampung Ilambet, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Setiba di lokasi pemakaman tersebut, dilanjutkan prosesi pemakaman dengan acara adat. Proses pemakaman jenazah Bebi Tabuni berlangsung dalam keadaan aman dan lancar.

Untuk pihak keluarga menerima dengan ikhlas bahwa yang melakukan penyerangan merupakan KST dan mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan TNI-Polri yang telah membantu proses evakuasi sampai dengan proses pemakaman.

'Terima kasih kepada Prajurit TNI dan Polri yang telah membantu sampai dengan selesai pemakaman ini," kata sang ayah, Abelom Tabuni.(OL-5)

BERITA TERKAIT