07 March 2022, 14:52 WIB

Alami Pemadaman Bergilir, Pasokan Listrik ke Madura Kembali Normal


Mohammad Ghazi |

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan, Jawa Timur, memastikan pasokan listrik kembali normal sejak Senin (7/3) setelah berhasil dilakukan perbaikan di titik yang mengalami gangguan di wilayah Suramadu.

Selama sekitar 8 hari sejak akhir Februari, dilakukan pemadaman bergilir akibat gangguan di SKTT 150 KV Suramadu. Pemadaman bergilir tersebut diberlakukan di seluruh wilayah Madura karena terjadinya pengurangan daya akibat gangguan tersebut.

Manajer PLN UP3 Pamekasan Miftachul Farqi mengatakan kabel join box 5 yang terbakar di sekitar Jembatan Suramadu telah berhasil diangkat dan diperbaiki sehingga dipastikan pasokan listrik Madura kembali normal termasuk di 57 penyulang di wilayah tersebut.

"Kami mencatat beban yang menyala 186,5 MW. Tidak ada beban yang padam dan tidak ada penyulang yang kami lakukan manuver begilir sehingga kondisi sistem madura kembali pulih," kata Farqi, Senin (7/3).

Baca juga:  Aliran Listrik Pasaman Barat Kembali Normal Pascagempa

Farqi menjelaskan, upaya yang dilakukan yakni mencari penyebab kerusakan dilakukan selama sepekan dengan mengerahkan petugas PLN secara bergantian (shift). Kabel yang terbakar baru ditemukan pada Sabtu (5/3) lalu. Sementara recovery (perbaikan) kabel tersebut membutuhkan waktu sekitar dua hari.

"Ke depan, penjagaan aset di 150 KV akan dilakukan secara maksimal agar supply listrik tetap normal," ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT