05 March 2022, 16:35 WIB

Rem Sepeda Motor Blong, Dua Perempuan Tewas di Jalan Turunan


Depi Gunawan |

DUA pengendara sepeda motor tewas setelah menabrak pohon lalu tersungkur ke tempat penampungan air di area perkebunan warga di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Insiden ini terjadi pada Sabtu (5/3) sekitar pukul 12.00 WIB di Jalan Gunung Putri Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang. 

Kecelakaan ini berawal ketika kendaraan korban melaju dari arah tempat wisata Geger Bintang Matahari. Pengemudinya tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya sehingga langsung meluncur menabrak pohon.

Informasi warga setempat, kecelakaan itu diduga akibat rem blong. Soalnya, berdasarkan keterangan saksi, motor korban melaju sangat kencang saat berjalan di turunan. Keduanya langsung meninggal di lokasi kejadian.

"Sepeda motor menabrak pohon dulu, lalu korban tersungkur ke tempat penampungan air. Saat dievakuasi warga, keduanya dalam keadaan tertimpa motor yang dikendarainya," kata seorang warga, Dede Sukmara, di lokasi kejadian.

Kanit Lantas Polsek Lembang Ajun Komisaris Asep Ratman menjelaskan, korban meninggal atas nama Dine Dwi Septiana, 54, dan Titi Julaeha, 53. Kedua korban mengalami luka parah di bagian kepala.

"Hasil olah TKP dan keterangan saksi, sepeda motor Yamaha Aerox yang dikendarai korban melaju cukup kencang. Saat melintas tikungan di TKP, kendaraan roda dua tersebut tidak bisa dikendalikan karena remnya diduga tidak berfungsi alias blong," ungkap Asep.

Baca juga: Satria Tambunan Hilang Terseret Arus Sungai Tembung Deli Serdang

Dia menjelaskan, Jalan Gunung Putri rawan kecelakaan jika pengemudi tidak paham dengan kondisi jalan yang memiliki turunan panjang dan belokan tajam. Polsek Lembang akan berkoordinasi bersama stakeholder terkait untuk dipasang rambu-rambu peringatan. "Di jalur tersebut, khususnya di TKP, kami mungkin akan memasang rambu keselamatan maupun jalannya diperlebar supaya pengguna kendaraan nyaman dan mencegah kecelakaan seperti tadi kembali terulang," ujarnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT