03 March 2022, 19:59 WIB

Pertamina Pastikan Pasokan LPG 3 Kg di Sumbar Aman


Yose Hendra |

PT Pertamina (Persero) memastikan kuota LPG subsidi ukuran 3 kg di wilayah Sumatra Barat dalam kondisi aman. 

Di sisi lain, harga LPG nonsubsidi ukuran 5,5 kg dan 12 kg mengalami kenaikan hingga Rp15 ribu. "Gak ada kelangkaan untuk LPG 3 kg. Kuota aman," ujar Section Head Communication & Relations Pertamina Patra Niaga, Regional Sumbagut Agustiawan, Kamis (3/3).

Baca juga: Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta Kaget Harga LPG Naik

Namun, pihaknya mengakui bahwa stok LPG 3 kg selalu cepat habis di pangkalan resmi. Harga eceran tertinggi (HET) yang seharusnya Rp17 ribu per kg, juga sering tidak diterapkan.

Secara aturan, tanggung jawab Pertamina hanya sampai ke agen. Adapun pangkalan menjadi urusan pihak agen. Sebab, pangkalan LPG adalah perpanjagan tangan dari agen. 

"Makanya harganya (pangkalan) bervariasi, mengikuti jarak dan keuntungan," pungkasnya.

Baca juga: Satgas Pangan Sulteng Segel Gudang Penimbun 53 Ton Minyak Goreng

Lebih lanjut, Agustiawan menekankan harga LPG 3 kg tidak mengalami kenaikan, lantaran masuk dalam kategori subsidi. "Meski harga minyak dunia melambung, namun harga LPG 3 kg tetap," imbuh dia.

Menurutnya, LPG 3 kg memiliki porsi terbesar dalam konsumsi gas elpiji nasional. Adapun angkanya sekitar 93% dari total konsumsi. Pemerintah diketahui memberikan subsidi untuk LPG 3 kg sekitar Rp11 ribu per tabung.(OL-11)

BERITA TERKAIT