03 March 2022, 17:50 WIB

Warga Palangka Raya Kini Mudah Ikuti Program Inseminasi Buatan


Mediaindonesia.com |

MASYARAKAT Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kini tidak perlu pergi jauh untuk melakukan program kehamilan seperti inseminasi buatan. Pasalnya, RSIA Yasmin Palangka Raya menyediakan Klinik Fertilitas Indonesia (KFI). 

Selain tindakan inseminasi buatan atau IUI, Klinik Fertilitas Indonesia RSIA Yasmin Palangka Raya juga bisa melakukan pemeriksaan analisa sperma dan tentunya konsultasi program kehamilan. Salah satu dari program kehamilan yakni inseminasi buatan atau intrauterine insemination (IUI) sebagai program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. 

Tujuan IUI yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Pemiliki RSIA Yamin, Dr. dr. Sigit Nurfianto, Sp.OG(K), menjelaskan tujuan kerja sama dengan Morula IVF yaitu meningkatkan kemampuan di bidang fertilitas dan program kehamilan untuk dapat membantu serta memudahkan masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya dan sekitarnya, yang membutuhkan pelayanan program hamil, info terbaru, serta berbagi pengalaman bersama tim KFI Morula. "Di samping itu, kerja sama tersebut bisa meningkatkan tingkat keberhasilan program hamil dan memiliki rujukan IVF yang tepat untuk masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3).

Dr. dr. Sigit Nurfianto, Sp.OG(K) menambahkan dengan keberadaan Klinik Fertilitas Indonesia pasien semangat mengikuti program kehamilan. Untuk menyukseskan program hamil, pasien diharapkan dapat menjaga pola makan, istirahat cukup, berpikir positif, dan jangan lupa berdoa.

Pihaknya berharap KFI meningkatkan keberhasilan pasien yang sedang mengikuti program kehamilan di RSIA Yasmin melalui pelatihan dan informasi terkini untuk semua karyawan RSIA Yasmin yang terkait, baik dokter maupun paramedis. Dengan demikian RSIA Yasmin memiliki rujukan IVF yang terarah, mudah berkoordinasi, dan dapat dipercaya sehingga memudahkan pasien yang mengikuti program IVF ke KFI.

Klinik Fertilitas Indonesia saat ini sudah memiliki 100 cabang, termasuk RSIA Yasmin Palangka Raya. Klinik Fertilitas Indonesia selain berdiri di Palangka Raya, ada di kota besar lainnya seperti Palembang, Solo, Sragen, Jakarta, Serang, Lampung, Samarinda, dan kota-kota lain.

Baca juga: Kota Sukabumi Siaga Hadapi Lonjakan BOR Pasien Covid-19

"Seluruh cabang Klinik Fertilitas Indonesia termasuk RSIA Yasmin Palangka Raya didukung penuh oleh Klinik Fertilitas Indonesia dalam hal kompetensi tenaga kesehatan dan pemasarannya. Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia di RSIA Yasmin Palangka Raya untuk membantu pasangan suami istri di Kota Palangka Raya dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan buah hati," ujar Kemal Pasha Siagian sebagai Head of Klinik Fertilitas Indonesia. (OL-14)

BERITA TERKAIT