01 March 2022, 20:44 WIB

Bencana Hidrometeorologi Ancam Wilayah Jateng Selatan


Lilik Darmawan |

BMKG memperingatkan bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah khususnya di Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan. Pasalnya, curah hujan diperkirakan masih tinggi, sehingga perlu siap  siaga terhadap kemungkinan hujan lebat.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung, Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan pada Rabu (2/3), masih terjadi potensi hujan deras di sejumlah kabupaten di Jateng selatan. "Ada potensi hujan deras, sehingga harus diwaspadai bencana hidrometeorologi,�jelas Rendi, Selasa (1/3).

Menurut Rendi, selain waspada bencana banjir dan longsor, yang perlu diwaspadai lainnya adalah angin kencang dan petir. "Khusus untuk Cilacap, yang perlu diwaspadai ada tiga kecamatan yakni Sampang, Kesugihan, dan Maos. Sedangkan di Banyumas ada 15 kecamatan yang perlu diwaspadai," ujarnya.

Untuk Kebumen ada 12 kecamatan yang potensial hujan deras. Kemudian Purbalingga dan Banjarnegara masing-masing ada 7 kecamatan dan 4 kecamatan. "Kami berharap masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT